Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dubes China untuk Kanada: Sudah Saatnya Kedua Negara Kembali ke Jalur yang Benar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 30 September 2021, 08:10 WIB
Dubes China untuk Kanada: Sudah Saatnya Kedua Negara Kembali ke Jalur yang Benar
Duta Besar China untuk Kanada Cong Peiwu/Net
rmol news logo Hubungan China-Kanada telah jatuh ke dalam kerusakan dalam beberapa tahun terakhir, terlebih setelah penahanan Kepala Keuangan Huawei Meng Wanzhou oleh Vancouver yang kemudian disusul ditangkapnya Michael Kovrig dan Michael Spavor di Beijing.

Setelah tercapai kesepakatan penting dengan Departemen Kehakiman AS pada Jumat (24/9), Meng akhirnya terbebas dari tuntutan dan bisa pulang ke China. Begitupun duo Michael, yang diizinkan kembali ke Kanada tak lama setelah pembebasan Meng.

Menyusul dua momen tersebut, Duta Besar Tiongkok untuk Kanada Cong Peiwu mendesak pihak Kanada untuk membawa kembali hubungan kedua negara ke jalur yang benar sesegera mungkin.

Saat berbicara pada resepsi online yang digelar Kedutaan Besar China di Kanada untuk merayakan ulang tahun ke-72 berdirinya Republik Rakyat China, Selasa (28/9), Cong mengatakan hubungan yang sehat dan stabil adalah untuk kepentingan bersama rakyat kedua negara.

"Hanya dengan menjunjung tinggi prinsip saling menghormati dan perlakuan yang sama, hubungan bilateral akan menuju ke arah yang benar," kata Cong, seperti dikutip dari Global Times, Rabu (29/9).

Senator Kanada Victor Oh memberikan tanggapannya dengan ngatakan masalah baru-baru ini antara kedua negara bisa diselesaikan, sehingga Kanada yakin bahwa dengan saling menghormati dan perlakuan yang sama, hubungan Kanada-Cina pasti akan mengantarkan situasi baru.

Berbicara sebagai tamu kehormatan, Victor mengatakan bahwa China telah memberikan pengalaman berharga dalam beberapa peristiwa, utamanya dalam memerangi epidemi Covid-19 dan mencapai pemulihan ekonomi.
 
Deng Jiachang, kepala Freemason China di Ottawa, yang juga hadir dalam acara tersebbut mengungkapkan keprihatinan mendalam tentang kemunduran dalam hubungan Kanada-China dalam beberapa tahun terakhir. Berharap dengan peristiwa baru-baru ini bisa menjadi pemulihan hubungan kedua negara.

"Saya senang melihat bahwa masalah telah diselesaikan dan berharap hubungan antara kedua negara akan kembali ke jalur yang benar sesegera mungkin karena ini adalah harapan bersama untuk semua yang terlibat," ujarnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA