Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Berkunjung ke Pristina, Von der Leyen Ingatkan Serbia dan Kosovo untuk Redam Ketegangan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 30 September 2021, 13:02 WIB
Berkunjung ke Pristina, Von der Leyen Ingatkan Serbia dan Kosovo untuk Redam Ketegangan
Tentara NATO berpatroli di dekat Jarinje pada 28 September, ketika komunitas internasional, yang dipimpin oleh Uni Eropa, menyerukan pembicaraan untuk meredakan ketegangan antara Serbia dan Kosovo/Net
rmol news logo Uni Eropa meminta Kosovo dan Serbia untuk menyelesaikan perselisihan mereka melalui dialog dan untuk mengurangi ketegangan yang meningkat baru-baru ini atas perselisihan plat nomor.

Selama kunjungannya ke Pristina, Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengingatkan agar kedua negara menormalkan hubungan mereka, terutama jika keduanya ingin bergabung dengan UE.

Von der Leyen berada di ibu kota Kosovo pada Rabu (29/9) sebagai bagian dari tur regionalnya sebelum KTT Uni Eropa-Barat Balkan minggu depan.

Selama pertemuannya dengan Perdana Menteri Kosovo Albin Kurti, Von der Leyen menggambarkan dialog yang difasilitasi Uni Eropa itu sebagai satu-satunya platform untuk menyelesaikan krisis saat ini, seperti dikutip dari AFP,

Selama lebih dari seminggu warga Serbia di Kosovo melakukan aksi protes atas aturan pemerintahan Kosovo yang mewajibkan mereka mengganti pelat nomor saat memasuki wilayah Kosovo.

Pemerintah Kosovo mengatakan langkah itu sebagai pembalasan atas tindakan yang berlaku di Serbia terhadap pengemudi dari Kosovo sejak 2008, ketika Kosovo mendeklarasikan kemerdekaan dari Serbia. Beograd tidak mengakui kemerdekaan Kosovo dan oleh karena itu haknya untuk mengambil tindakan resmi seperti mendaftarkan mobil.

Pemerintah Kosovo telah mengerahkan pasukan polisi khusus ke perbatasan Jarinje dan Brnjak untuk memberlakukan aturan baru, sementara jet dan helikopter militer Serbia telah terbang di dekat perbatasan dalam unjuk kekuatan yang nyata. Pasukan penjaga perdamaian KFOR yang dipimpin NATO di Kosovo telah meningkatkan patroli di perbatasan dengan Serbia.

Uni Eropa, NATO, dan Amerika Serikat telah mendesak Pristina dan Beograd untuk menahan diri.

Von der Leyen mengunjungi enam negara Balkan Barat hanya beberapa hari sebelum Uni Eropa akan mengadakan pertemuan puncak dengan negara-negara Balkan Barat pada 6 Oktober.

Albania, Bosnia-Herzegovina, Kosovo, Montenegro, Makedonia Utara, dan Serbia berada pada tahap yang berbeda di jalur keanggotaan UE. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA