Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kim Jong Un: Deklarasi Berakhirnya Perang Korea Tak Akan Berarti Tanpa Rasa Saling Percaya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 01 Oktober 2021, 00:06 WIB
Kim Jong Un: Deklarasi Berakhirnya Perang Korea Tak Akan Berarti Tanpa Rasa Saling Percaya
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in ketika bertemu di Panmunjeom pada April 2018/Net
rmol news logo Usulan Korea Selatan untuk mendeklarasikan berakhirnya Perang Korea ditanggapi pesimis oleh Korea Utara.

Pemimpin Republik Rakyat Demokratik Korea (RRDK) Kim Jong Un menyebut deklarasi tersebut tidak akan berarti jika tindakan bermusuhan terus berlanjut. Hal itu justru akan meningkatkan bentrokan dan membangkitkan kecemasan.

"Selama masih ada faktor ketidakpercayaan, konfrontasi antara utara dan selatan akan terjadi," kata Kim dalam pidatonya di Sidang Majelis Tertinggi RRDK pada Rabu (29/9), seperti dikutip dari APRCPRK.

Sekretaris Jenderal Partai Pekerja Korea itu menekankan, kedua belah pihak harus menunjukkan rasa hormat dan menghentikan sikap tidak adil satu sama lain sebelum menyatakan berakhirnya perang.

"Ini adalah tugas penting yang harus diselesaikan terlebih dahulu, untuk mengendalikan hubungan antar-Korea dan membuka masa depan yang cerah," tegasnya.

Kendati begitu, ia menilai, sikap otoritas Korea Selatan saat ini belum menunjukkan perubahan, yang memperburuk hubungan antar-Korea.

"Penting bagi otoritas Korea Selatan untuk mengubah sikap konfrontatif dan kebiasaannya terhadap republik kita," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA