Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pembatalan Kesepakatan Kapal Selam dengan Prancis Memukul Upaya Negosiasi Perdagangan Australia Bersama Uni Eropa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 01 Oktober 2021, 10:08 WIB
Pembatalan Kesepakatan Kapal Selam dengan Prancis Memukul Upaya Negosiasi Perdagangan Australia Bersama Uni Eropa
Menteri Perdagangan Australia Dan Tehan/Net
rmol news logo Pembicaraan kesepakatan dagang antara Australia dan Uni Eropa ditunda setelah Canberra membatalkan kesepakatan pembelian kapal selam dengan Prancis.

Menteri Perdagangan Austaralia Dan Tehan pada Jumat (1/10) mengumumkan, penundaan negosiasi putaran ke-12 dengan Uni Eropa dilakukan selama sebulan, yang sebelumnya dijadwalkan pada 12 Oktober.

"Saya akan bertemu dengan mitra Uni Eropa saya Valdis Dombrovskis untuk membahas putaran negosiasi ke-12 pada November, bukan Oktober," kata Tehan, seperti dimuat Reuters.

Bulan lalu, Australia membatalkan kesepakatam untuk membangun armada kapal selam konvensional dengan Grup Angkatan Laut Prancis yang bernilai 40 miliar dolar AS.

Sebagai gantinya, Australia akan membangun setidaknya delapan kapal selam bertenaga nuklir dengan teknologi dari Amerika Serikat dan Inggris yang merupakan salah satu bagian dari kemitraan AUKUS.

Pembatalan itu membuat marah Prancis, yang menuduh Australia dan Amerika Serikat menikamnya dari belakang. Paris menarik duta besarnya dari Canberra dan Washington.

Dalam solidaritas dengan Prancis, presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mempertanyakan apakah blok itu dapat mencapai kesepakatan perdagangan dengan Australia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA