Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Setelah Tiga Bulan, Vietnam Cabut Lockdown di Kota Ho Chi Minh

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 01 Oktober 2021, 12:23 WIB
Setelah Tiga Bulan, Vietnam Cabut Lockdown di Kota Ho Chi Minh
Vietnam mencabut pemberlakuan lockdown di Ho Chi Minh City/Net
rmol news logo Setelah hampir tiga bulan memberlakukan pembatasan pergerakan untuk menghentikan lonjakan kasus Covid-19, Vietnam akan mencabut lockdown di Ho Chi Minh City.

Lewat sebuah pengumuman di situs resmi pemerintah pada Kamis (30/9), disebutkan penguncian akan dicabut, namun aturan jaga jarak masih akan terus diberlakukan di Ho Chi Minh City.

Pengumuman itu menyebut warga diizinkan untuk keluar dari rumah, restoran juga bisa menyajikan makanan untuk dibawa pulang, sementara beberapa bisnis penting diperbolehkan dibuka.

Kendati begitu, sekolah masih ditutup, transportasi umum tetap ditangguhkan, perjalanan masuk dan keluar kota akan dikontrol, sementara pertemuan publik lebih dari 10 orang di luar ruangan masih dilarang.

"Orang-orang yang ingin menghadiri kegiatan sosial harus menunjukkan bukti vaksinasi untuk diterima di tempat-tempat usaha," kata pihak berwenang, seperti dikutip Al Jazeera.

Ho Chi Minh City bersama dengan 18 provinsi di bagian selatan Vietnam telah dilockdown sejak pertengahan Juli lantaran meningkatnya kasus Covid-19.

Dalam tiga bulan terakhir, varian Delta telah menginfeksi 770.000 orang dan menewaskan sedikitnya 19.000. Sebagian besar kematian Covid-19 di Vietnam terjadi dalam gelombang ini, dengan Ho Chi Minh City menjadi pusatnya.

Kota-kota selatan lainnya juga telah melonggarkan pembatasan penguncian, secara bertahap melanjutkan kegiatan ketika infeksi menurun.

Dalam sepekan terakhir, rata-rata kasus baru Vietnam turun sepertiga dibandingkan dengan awal bulan ketika 14.000 kasus dicatat setiap harinya.

Pencabutan lockdown dilakukan seiring dengan percepatan upaya vaksinasi oleh otoritas. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA