Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tegaskan Sikap Menentang, Militer China: Pakta AUKUS Ancaman bagi Perdamaian dan Stabilitas Global

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 01 Oktober 2021, 12:30 WIB
Tegaskan Sikap Menentang, Militer China: Pakta AUKUS Ancaman bagi Perdamaian dan Stabilitas Global
Juru Bicara Kementerian Pertahanan China Wu Qian/Net
rmol news logo China semakin mempertegas sikap kerasnya atas kesepakatan pengadaan kapal selam nuklir untuk Canberra yang diinisiasi tiga negara; Australia, Inggris, dan AS, yang tergabung dalam pakta AUKUS.

Pernyataan menentang kesepakatan itu disampaikan Juru Bicara Kementerian Pertahanan China Wu Qian pada konferensi pers ketika menanggapi penyelidikan tentang kesepakatan teknologi kapal selam nuklir antara ketiga negara, Kamis (30/9) waktu setempat.

"Apa pun bentuknya, kerja sama kapal selam nuklir akan memperburuk perlombaan senjata regional, merusak perdamaian dan stabilitas regional, menghalangi upaya internasional untuk non-proliferasi nuklir dan menimbulkan ancaman bagi perdamaian dan stabilitas global," kata Wu, seperti dikutip dari Xinhua, Jumat (1/10).

Pakta AUKUS telah banyak memancing kritik dari sejumlah negara, termasuk Prancis yang dirugikan atas pembatalan pembuatan kapal selam akibat pakta tersebut.

Di antara negara-negara lain yang ikut mengecam kesepakatan itu termasuk Malaysia, yang memperingatkan bahwa kesepakatan itu akan menjadi katalis untuk perlombaan senjata nuklir, yang kemudian disusul ketidaksepakatan serupa dari Korea Utara.  rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA