Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Aktif Cari Pengakuan Internasional, Menlu Taiwan Jadi Target Hinaan dari China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 01 Oktober 2021, 13:59 WIB
Aktif Cari Pengakuan Internasional, Menlu Taiwan Jadi Target Hinaan dari China
Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu/Net
rmol news logo Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu mendapatkan serangan berupa hinaan dari China. Serangan itu muncul ketika Wu berusaha untuk mempromosikan Taiwan secara internasional.

Wu merupakan seorang pendukung vokal dari upaya Taiwan melawan tekanan dari China. Ia sangat aktif melakukan berbagai upaya agar Taiwan dapat diakui dan berkontribusi di dunia internasional, termasuk muncul di berbagai pertemuan formal dan informal.

Pada Kamis malam (30/9), Kantor Urusan Taiwan China menyebut Wu merupakan pendukung kemerdekaan yang keras kepala, dan kerap menyebar kebohongan bahwa Taiwan adalah negara berdaulat.

Serangan terhadap Wu itu dilakukan dengan mengutip puisi yang ditulis Mao pada 1963 bertajuk "The River All Red". Itu adalah bentuk sindiran di tengah Perang Dingin antara Uni Soviet dan Amerika Serikat (AS).

"Semua bentuk komentar tentang kemerdekaan Taiwan hanyalah lalat 'bersenandung, dengan ledakan melengking dan isak tangis,'" kata Kantor Urusan Taiwan Beijing.

Kementerian luar negeri Taiwan mengatakan serangan itu tidak layak untuk dikomentari. Namun, Dewan Urusan Daratan Taiwan mengecamnya sebagai fitnah dan pelecehan.

"Kekerasan verbal semacam ini, yang belum pernah terjadi sebelumnya di komunitas internasional, hanya menyoroti pelanggaran aturan badan terkait Taiwan di sisi lain Selat Taiwan dan seberapa jauhnya dari masyarakat beradab," ujar dewan.

China telah meningkatkan tekanan militer dan politik untuk mencoba dan memaksa Taiwan menerima kedaulatan China. Kendati begitu, Taiwan menyatakan diri sebagai negara yang merdeka, dan akan terus mempertahankan kebebasan serta demokrasinya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA