Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Empat Kandidat Kuat Calon Pengganti PM New South Wales Gladys Berejiklian

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 02 Oktober 2021, 06:26 WIB
Empat Kandidat Kuat Calon Pengganti PM New South Wales Gladys Berejiklian
Sebagai bendaraha pemerintah, Dominic Perrottet terlihat kerap mendampingi Perdana Menteri Gladys Berejiklian. Ia disebut calon kuat pengganti Berejiklian/Net
rmol news logo Pengunduran diri Perdana Menteri Gladys Berejiklian yang mendadak telah menyebabkan terjadinya kekosongan kekuasaan di New South Wales.

Setelah melewati dua tahun terberat yang pernah dihadapi, Berejiklian akhirnya mengundurkan diri sebagai pemimpin negara bagian yang sedang berjuang menghadapi pandemi Covid-19.

Sejumlah nama kemudian muncul sebagai kandidat kuat yang akan meneruskan kepemimpinan Berejiklian.

Nama pertama adalah Dominic Perrottet yang saat ini menjabat sebagai Bendahara Pemerintah sejak tahun 2017, sebuah posisi senior untuk seseorang berusia 39 tahun.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada Jumat sore (1/10), pria yang mempunyai satu istri, Helen, dan enam anak itu menyimpulkan bahwa dia mungkin mencalonkan diri untuk jabatan puncak.

"Kepentingan masyarakat NSW harus selalu didahulukan, dan prioritas Pemerintah adalah memastikan kami terus menjaga keamanan masyarakat, dan bahwa kami membuka kembali perekonomian dan membuat orang kembali bekerja, anak-anak kembali ke sekolah, dan kehidupan kembali normal secepat mungkin," katanya.

Nama selanjutnya adalah Stuart Ayres, yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pekerjaan dan Pariwisata.

Nama ketiga adalah Menteri Perencanaan Rob Stokes. Stokes telah mengkonfirmasi minatnya untuk mencalonkan diri sebagai perdana menteri.

Mantan pengacara ini memiliki gelar PhD dalam hukum perencanaan, dan sebelumnya menjabat sebagai Menteri Pendidikan.

Sebagai bagian dari faksi moderat, pria yang memiliki tiga anak itu digambarkan sebagai sekutu utama Berejiklian.

Nama keempat, atau terakhir adalah Matt Kean (40). Dia saat ini menjabat Menteri Energi dan Lingkungan, dan dikenal sebagai orang dekat Berejiklian.

Berejiklian (51) mengundurkan diri pada Jumat pagi setelah Komisi Independen Anti Korupsi (ICAC) mengumumkan akan mengadakan dengar pendapat publik akhir bulan ini terkait kasus yang telah menyeret kehidupan pribadinya, seperti dilaporkan 9News, Jumat (1/10).

ICAC disebut akan menyelidiki apakah ada konflik antara tugas publik Berejiklian dan kepentingan pribadi ketika dia menjalin hubungan pribadi dengan mantan anggota parlemen Daryl Maguire. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA