Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tak Jadi Nyapres, Rodrigo Duterte Ingin Pensiun dari Politik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 03 Oktober 2021, 07:59 WIB
Tak Jadi Nyapres, Rodrigo Duterte Ingin Pensiun dari Politik
Presiden Filipina Rodrigo Duterte/Net
rmol news logo Presiden Filipina Rodrigo Duterte memberikan pengumuman mengejutkan. Ia mengatakan akan pensiun dari politik, dan tidak akan mencalonkan diri sebagai wakil presiden pada pemilu 2022.

"Untuk mengikuti kehendak orang-orang yang menempatkan saya di kursi kepresidenan, sekarang saya katakan, kepada rekan senegara saya, saya akan mengikuti kehendak Anda. Hari ini, saya mengumumkan pengunduran diri saya dari politik," kata Duterte. pada Sabtu (2/10).  

Dikutip dari Reuters, menurut banyak pihak, pensiunnya Duterte dinilai sebagai upaya untuk memperlancar jalan politik bagi putrinya, Sara Duterte-Carpio.

Pada Sabtu, Sara yang saat ini menjabat sebagai walikota Davao, mencalonkan diri untuk memperpanjang jabatannya. Tetapi survei menyebut nama Sara ada di posisi tertinggi untuk pencalonan presiden.

Pada Agustus, jurubicara kepresidenan Harry Roque mengatakan, Duterte rela membatalkan pencalonannya untuk wapres, jika Sara ingin mencalonkan diri sebagai presiden.

Sementara itu, mantan ajudan Duterte dan sekarang senator, Christopher Go, telah mengajukan pencalonan sebagai wapres dari Partai PDP-Laban. Sebelumnya, ia mencalonkan diri sebagai kandidat presiden untuk mendukung Duterte sebagai wakil.

"Mengingat Presiden Duterte memutuskan untuk menarik penerimaan pencalonannya, saya di sini untuk menerima tantangan itu,” kata Go.

"Seharusnya tidak ada henti dalam kampanye kami melawan obat-obatan terlarang, korupsi dan kriminalitas," tambahnya.

Berdasarkan jadwal, para kandidat harus mencalonkan diri di Komisi Pemilihan Umum pada 8 Oktober. Tetapi daftar calon presiden baru akan diumumkan pada pertengahan November.

Pada pemilu 2016, Duterte juga mengatakan dia pensiun dari politik, tetapi akhirnya mencalonkan diri sebagai presiden di akhir pendaftaran dan menang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA