Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Latihan Militer Iran di Perbatasan Azerbaijan: Dikritik Ilham Aliyev, Dibela Ali Khamenei

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 04 Oktober 2021, 08:43 WIB
Latihan Militer Iran di Perbatasan Azerbaijan: Dikritik Ilham Aliyev, Dibela Ali Khamenei
Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev/Net
rmol news logo Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei buka suara soal latihan militer Teheran yang dilakukan di dekat perbatasan Azerbaijan baru-baru ini, yang oleh para pejabat Iran dikaitkan dengan adanya hubungan Baku dengan Israel.

Meskipun tidak secara spesifik menyebutkan nama negara tertentu, tetapi Khamenei mengatakan bahwa masalah mengenai 'tetangga barat laut Iran' harus diselesaikan dengan bijak dengan mengandalkan negara, melalui kerja sama tentara negara tetangga dan dengan menghindari kehadiran kekuatan militer asing.

"Dalam masalah mengenai barat laut Iran, Angkatan Bersenjata Iran bertindak dengan otoritas dan kebijaksanaan. Ada baiknya orang lain juga bertindak bijaksana dan tidak membiarkan daerah menghadapi masalah," ujarnya, seperti dikutip dari AP, Minggu (3/10).

Tentara Iran memulai latihan militer di dekat perbatasannya dengan Azerbaijan pada Jumat pekan lalu, di tengah skeptisisme Teheran terhadap hubungan Baku dengan Barat pada umumnya dan Israel secara khusus.

Artileri, drone dan helikopter berpartisipasi dalam latihan tersebut.

“Kami tidak mentolerir kehadiran dan aktivitas yang bertentangan dengan keamanan nasional kami di Israel, di dekat perbatasan kami. Dan kami akan melakukan tindakan yang diperlukan dalam hal ini,” kata Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian soal latihan tersebut.

Azerbaijan dan Israel telah memperkuat aliansi militer mereka dalam beberapa bulan terakhir, ditandai dengan pengiriman drone berteknologi tinggi yang dipasok Israel membantu Azerbaijan dalam konfliknya dengan Armenia atas wilayah Nagorno-Karabakh tahun lalu.

Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev telah menyatakan keprihatinan atas latihan militer Iran di dekat negaranya pekan lalu dalam sebuah wawancara dengan kantor berita negara Turki Anadolu Agency.

Dia menggambarkan keputusan Teheran sebagai sesuatu yang sangat mengejutkan karena tidak ada latihan militer seperti itu dalam tiga dekade.

“Menganalisis ini pada titik waktu tertentu, kami melihat bahwa ini belum pernah terjadi sebelumnya. Kenapa sekarang? Kenapa tepatnya di perbatasan kita?” kata Aliyev saat itu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA