Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tak Bisa Lagi "Zero Covid", Selandia Baru Ganti Strategi Mulai Hidup Berdampingan dengan Virus

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 04 Oktober 2021, 14:35 WIB
Tak Bisa Lagi "Zero Covid", Selandia Baru Ganti Strategi Mulai Hidup Berdampingan dengan Virus
Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern/Net
rmol news logo Selandia Baru menanggalkan strategi "Zero Covid" usai menyadari sulitnya menghilangkan virus corona dengan kehadiran varian baru, khususnya Delta.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Alih-alih, Perdana Menteri Jacinda Ardern mengatakan, saat ini rakyat Selandia Baru perlu belajar hidup berdampingan dengan virus dan mengendalikan penyebaran lewat berbagai upaya, termasuk vaksinasi.

"Dengan wabah ini dan Delta, kembali ke nol sangat sulit," kata Ardern dalam konferensi pers pada Senin (4/10).

Selandia Baru hanya satu dari sedikit negara yang berhasil menekan kasus Covid-19 hingga mencapai nol pada tahun lalu. Tetapi sebaran varian Delta pada pertengahan Agustus menjadi tantangan besar.

"Ini adalah perubahan dalam pendekatan yang akan selalu kami lakukan dari waktu ke waktu. Wabah Delta telah mempercepat transisi ini. Vaksin akan mendukungnya," tambah Ardern, seperti dimuat Reuters.

Pada Senin, Selandia Baru melaporkan 29 kasus baru, sehingga totalnya menjadi 1.357 untuk wabah saat ini. Sebagian besar berada di Auckland.

Selama hampir 50 hari, 1,7 juta orang di Auckland menghadapi penguncian. Tetapi mulai Rabu (6/9) pelonggaran akan dilakukan.

Ardern menyebut, penguncian ketat akan dicabut setelah 90 persen populasi yang memenuhi syarat telah divaksinasi. Sementara saat ini jumlahnya sudah mencapai sekitar 48 persen. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA