Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Terpilih sebagai Perdana Menteri NSW, Dominic Perrottet akan Dilantik Sore Ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 05 Oktober 2021, 11:15 WIB
Terpilih sebagai Perdana Menteri NSW, Dominic Perrottet akan Dilantik Sore Ini
Dominic Perrottet perdana menteri NSW yang baru/Net
rmol news logo New South Wales telah memilih Dominic Perrottet sebagai perdana menteri baru. Pria 39 tahun itu menjadi perdana menteri ke-46 dan termuda bagi negara bagian itu dalam sejarahnya.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dalam sambutan pertamanya sesaat setelah penunjukkan, ia mengatakan akan membawa NSW ke 'tingkat berikutnya dan berjanji untuk membuka kembali NSW seperti yang direncanakan setelah lebih dari 100 hari terkepung dalan aturan penguncian Covid-19.

Banyak pembatasan penguncian yang akan dilonggarkan untuk orang yang divaksinasi penuh minggu depan.

"Perubahan yang tidak terduga dapat membawa ketidakpastian, dan terkadang itu bisa terasa meresahkan," katanya mengenai dampak penguncian.

"Tetapi sesulit apa pun, kita semua memiliki tugas sebagai negara bagian untuk terus bergerak maju. Hari ini, memulai babak baru untuk New South Wales, yang akan kita catat bersama," katanya, seperti dikutip dari The Guardian, Selasa (5/10).

Perrottet akan dilantik sore ini, Selasa (5/10). Kepemimpinannya menandai 'babak baru' bagi negara bagian dan dia akan fokus pada infrastruktur dan keluarga.

Ruang partai Liberal mengadakan pemungutan suara untuk posisi Perdana Menteri pada Selasa pagi, dengan Perrottet berhasil mengumpulkan 39 suara.

Menteri Perencanaan Rob Stokes, satu-satunya kandidat lain yang mengajukan namanya untuk posisi itu, hanya menerima lima suara meskipun sebelumnya dia memperkirakan akan mengumpulkan sebanyak 17 suara.

Stuart Ayres telah terpilih sebagai wakil pemimpin.

“Saya merasa terhormat bahwa rekan-rekan telah memilih saya. Saya berterima kasih kepada mereka atas kepercayaan yang telah mereka berikan kepada saya,” katanya.

Gladys Berejiklian mengundurkan diri sebagai perdana menteri NSW pada Jumat pekan lalu, setelah pengawas korupsi negara bagian mengungkapkan bahwa dia sedang diselidiki atas potensi pelanggaran kepercayaan publik selama hubungan rahasianya selama lima tahun dengan mantan anggota parlemen Daryl Maguire.

Setelah pengunduran dirinya, Menteri Transportasi Andrew Constance dan Wakil Perdana Menteri John Barilaro juga mengumumkan bahwa mereka akan mundur dari posisi mereka.

Berejiklian tidak menghadiri pertemuan pada Selasa pagi yang memilih Perrottet. Namun, Perrottet memberikan penghormatan kepada Berejiklian.

"Hal pertama yang ingin saya lakukan hari ini adalah untuk mengakui pendahulu saya dan memberikan penghormatan kepadanya, Gladys Berejiklian. Kepemimpinannya yang kuat dan mantap telah melihat kami melalui begitu banyak tantangan yang sulit,” katanya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA