Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Telepon PM Kishida, Biden Janji Bantu Jepang Pertahankan Pulau-pulau Sengketa di Laut China Timur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 05 Oktober 2021, 13:12 WIB
Telepon PM Kishida, Biden Janji Bantu Jepang Pertahankan Pulau-pulau Sengketa di Laut China Timur
Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida/Net
rmol news logo Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menjanjikan komitmen kuat Washington untuk mendukung Jepang mempertahankan pulau-pulau di Laut China Timur yang menjadi sengketa dengan China.

Janji itu disampaikan oleh Biden lewat telepon dengan Perdana Menteri Jepang yang baru Fumio Kishida pada Selasa pagi (5/10).

Dalam pembicaraan selama sekitar 20 menit itu, AS juga menekankan eratnya kerjasama kedua negara untuk mencapai Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

"Kami menegaskan bahwa kami akan bekerja sama menuju penguatan aliansi Jepang-AS dan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," kata Kishida kepada wartawan dari kediaman resmi perdana menteri.

"Kami juga mengonfirmasi bahwa kami akan bekerja sama dengan erat pada masalah yang terkait dengan China dan Korea Utara," tambahnya, seperti dikutip News18.

Kishida mengatakan, Biden juga menyoroti Pasal 5 Perjanjian Keamanan AS-Jepang yang menyatakan kewajiban pertahanan AS ke Jepang, yang mencakup pulau-pulau kecil tak berpenghuni yang menjadi sengketa. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA