Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Facebook Collapses, Rusia: Sudah Saatnya Mandiri, Berhenti Tergantung pada Teknologi AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 06 Oktober 2021, 06:42 WIB
Facebook <i>Collapses</i>, Rusia: Sudah Saatnya Mandiri, Berhenti Tergantung pada Teknologi AS
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova/Net
rmol news logo Gangguan sejumlah aplikasi milik raksasa media sosial AS selama beberapa jam pada Senin (4/10) turut dikomentari Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova.

Menurut Zakharova, apa yang dialami Facebook dan 'keluarganya' termasuk Messenger, WahatsApp, dan Instagram harus menjadi pengingat agar negaranya mengurangi ketergantungannya pada raksasa teknologi Amerika dan meningkatkan infrastruktur domestik mereka sendiri.

“Kita harus memahami bahwa pemadaman seperti itu dapat terjadi kapan saja, berdasarkan proses yang sekarang mendapatkan momentum di AS,” kata Zakharova, seperti dikutip dari Russian Today, Selasa (5/10).

“Kemarin mereka menunjukkan segalanya kepada Anda. Kami tidak memotong diri kami sendiri, tetapi teknologi mereka gagal sedemikian rupa sehingga tiga setengah miliar orang terputus," ujarnya.

Rusia telah mengumumkan akan mengambil langkah-langkah untuk menegaskan kontrol lebih besar atas jaringan media sosial yang beroperasi di negara itu, serta memperluas infrastruktur internetnya sendiri, terpisah dari web lainnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, Moskow telah berinvestasi dalam pengembangan infrastruktur online domestiknya, yang diharapkan akan memungkinkan internet negara itu berfungsi secara mandiri jika terjadi krisis.

Februari lalu, mantan Presiden yang sekarang menjabat Wakil Ketua Dewan Keamanan Rusia Dmitry Medvedev menyatakan bahwa sebagai upaya terakhir yang drastis, negara tersebut dapat memutuskan akses ke servernya di luar perbatasannya, melewati hak utama untuk mengontrol yang saat ini ada di tangan AS.

“Sangat berpotensi,bisa jadi sesuatu yang luar biasa terjadi, semuanya benar-benar meledak, (dan) bahwa kunci untuk melakukan sesuatu tentang itu ada di luar negeri. Tentu saja, kami punya rencana bagaimana untuk bertindak dalam situasi seperti itu," ujarnya.

Setelah pemadaman Facebook dan 'keluarganya', Zakharova mengatakan bahwa kesalahan dan pemutusan tidak hanya tentang kehilangan komunikasi, tetapi dapat menyebabkan beberapa kehilangan bisnis penting.

"Kami tidak hanya berbicara tentang ketidaksenangan kucing, yang pemiliknya tidak mempublikasikan foto fantastis mereka," katanya.

“Ini adalah masalah bisnis, dan bukan hanya bisnis perusahaan besar, tetapi juga bisnis orang-orang yang berdagang melalui jejaring sosial ini, menerima pesanan di sana, dan menyediakan layanan," katanya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA