Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tinggalkan Dunia Politik, Duterte Fokus Hadapi Dakwaan Kejahatan Kemanusiaan ICC

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 06 Oktober 2021, 08:18 WIB
Tinggalkan Dunia Politik, Duterte Fokus Hadapi Dakwaan Kejahatan Kemanusiaan ICC
Presiden Filipina Rodrigo Duterte/Net
rmol news logo Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengungkap alasannya pensiun dari politik. Ia menyebut tengah berfokus pada penyelidikan Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) perihal kampanyenya melawan narkoba.

Sejak 15 September, ICC membuka penyelidikan atas dugaan kejahatan kejahatan terhadap kemanusiaan yang dilakukan oleh Duterte dari 1 November 2011, ketika Duterte menjadi kepala eksekutif wilayah Davao, hingga 16 Maret 2019, ketika ia menjadi presiden.

Duterte pada awalnya bersikeras tidak akan berpartisipasi dalam proses ICC. Tetapi pada Senin (4/10), Duterte mengatakan ia akan kembali ke rumahnya di Kota Davao untuk mempersiapkan pembelaannya untuk kemungkinan persidangan pengadilan.

“Saya menerima penilaian orang-orang. Mereka ingin saya pulang ke Davao dan menunggu ratusan kasus. Aku akan menunggu untuk Anda. Saya akan mempersiapkan pembelaan saya untuk ICC,” ujar Duterte, seperti dikutip UCA News.

Duterte sendiri mendesak para pengkritiknya untuk tidak mengarang cerita mengenai pembunuhan di luar hukum, dan memasukkan kematian alami dalam daftar korban perang melawan narkoba.

“Anda tidak akan mencari keadilan di sana lagi. Saya akan memberikannya kepada Anda. Saya tidak menakut-nakuti Anda. Hanya saja, jangan merusak bukti," tegas Duterte.

Pada Sabtu (2/10), Duterte membuat pengumuman mendadak bahwa dia pensiun dari politik. Banyak pihak menyebut keputusan itu melanggar konstitusi jika Duterte mencalonkan diri sebagai wakil presiden dalam pemilihan tahun depan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA