Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Taliban Singkirkan Gerilyawan Uighur dari Perbatasan China

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 06 Oktober 2021, 08:55 WIB
Taliban Singkirkan Gerilyawan Uighur dari Perbatasan China
Taliban/Net
Taliban dilaporkan telah memindahkan para gerilyawan Uighur di daerah dekat perbatasan Afghanistan dengan China, yang dikenal dengan Turkestan Islamic Party (TIP) atau East Turkestan Islamic Movement (ETIM).

ETIM dituding oleh China sebagai dalang kerusuhan di Xinjiang. Pada 1990-an, Taliban telah mengizinkan mereka untuk beroperasi di Afghanistan.

Namun dengan kedekatan antara China dan Taliban, Beijing menuntut kelompok itu memutuskan hubungannya dengan para militan.

Analis mengatakan langkah Taliban untuk memindahkan pejuang ETIM mempererat hubungannya dengan Beijing.

“Itulah yang diinginkan China dan apa yang perlu diberikan Taliban jika ingin mendorong kerja sama yang lebih dalam dengan Beijing,” kata Bradley Jardine dari Institut Kissinger Wilson Center yang berbasis di AS, seperti dimuat RFE.

"Pertanyaan sebenarnya adalah apakah mereka dapat sepenuhnya menindaklanjuti," tambahnya.

Militan TIP berlokasi di Badakhshan, sebuah provinsi di timur laut Afghanistan sepanjang 76 kilometer di perbatasan negara itu dengan China.

Menurut seorang mantan pejabat militer Afghanistan, mereka dipindahkan ke daerah lain, termasuk di provinsi timur Nangarhar.

Laporan intelijen menyebut terakhir kali ETIm berada di Badakhshan pada pekan lalu. Setelah itu, mereka dipindahkan. Hal yang sama juga diungkap oleh seorang penjaga perbatasan Tajik di daerah itu.

ARTIKEL LAINNYA