Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menkeu Yellen: Jika Gagal Bayar Utang, AS Jatuh ke Jurang Resesi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 06 Oktober 2021, 10:31 WIB
Menkeu Yellen: Jika Gagal Bayar Utang, AS Jatuh ke Jurang Resesi
Menteri Keuangan AS Janet Yellen/Net
rmol news logo Amerika Serikat (AS) terancam menghadapi jatuh ke lubang resesi jika parlemen masih tidak menaikkan batas utang hingga tenggat waktu.

Peringatan itu diberikan oleh Menteri Keuangan Janet Yellen. Ia mengatakan, penting bagi anggota parlemen untuk segera menaikkan batas utang Amerika sebelum 18 Oktober, tenggat waktu membayar utang.

Jika tidak, AS akan mengalami gagal bayar untuk pertama kalinya dalam sejarah karena melanggar batas utang 28,4 triliun dolar AS yang ada.

Kendati begitu, hingga saat ini Partai Republik masih teguh untuk tidak meloloskan batas utang baru.

"Kita harus menaikkan pagu utang sebagai hal rutin setiap kali negara mengalami defisit anggaran," kata Yellen pada Selasa (5/10).

“Akan menjadi bencana besar untuk tidak membayar tagihan pemerintah, bagi kita untuk berada dalam posisi di mana kita kekurangan sumber daya untuk membayar tagihan pemerintah,” imbau Yellen.

Yellen menyebut, jika AS mengalami gagal bayar, AS akan jatuh ke jurang resesi. Hal ini juga akan berpengaruh pada 50 juta lansia yang bergantung pada jaminan sosial, serta 30 juta rumah tangga yang menunggu kredit pajak.

“Itu benar-benar merusak kepercayaan pada kepercayaan penuh dan kredit Amerika Serikat, kesediaan kami untuk berdiri di belakang utang kami, dan (untuk) memastikan bahwa kami membayarnya,” jelasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA