Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Loloskan Dua RUU Infrastruktur, Biden: Masa Depan AS Tergantung pada Paket Investasinya

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 06 Oktober 2021, 13:58 WIB
Loloskan Dua RUU Infrastruktur, Biden: Masa Depan AS Tergantung pada Paket Investasinya
Presiden Joe Biden di pusat pelatihan serikat pekerja di Howell, Selasa 5 Oktober 2021/Net
Amerika Serikat bergerak menuju kesepakatan RUU infrastruktur yang terus digodok belakangan ini untuk menimbang pengeluaran yang tidak perlu.

Kunjungan Presiden Joe Biden ke Michigan pada Selasa (5/10) waktu setempat salah satunya adalah untuk mendorong dua RUU infrastruktur tersebut.

Salah satu dari RUU itu difokuskan pada infrastruktur fisik, seperti jalan dan jembatan. Kedua, pada infrastruktur yang lebih manusiawi, seperti perumahan rakyat, energi bersih, dan lingkungan.

“Saya tahu, kita bisa melakukan ini. Saya yakin kita bisa. Saya tidak pernah merasa lebih optimis dibandingkan saat ini. Kami akan memulihkan kepercayaan, kebanggaan, dan martabat di masa depan negara ini," kata Biden dalam pidatonya di pusat pelatihan serikat pekerja di Howell. Ia hadir bersama Gubernur Gretchen Whitmer dan Perwakilan Elissa Slotkin, seperti dikutip dari CBS8, Selasa (5/10).

Biden menegaskan ia dan kongres akan meloloskan kedua RUU ini, dan mulai membangun ekonomi. Mengeluarkan paket ekonomi yang tidak lebih besar dari 3,5 triliun dolar AS.

"Bahkan bisa kurang dari jumlah itu," kata Biden.

Sumber di Gedung Putih menyebutkan, jumlah itu kemungkinan akan menyusut menjadi 2 triliun dolar AS, seperti yang pernah dilayangkan Biden di kongres.

"RUU ini tentang daya saing versus kepuasan diri. Menentang investasi ini berarti terlibat dalam kemerosotan Amerika," kata Biden.

Paket ekonomi yang dimaksud akan membantu menjaga negara dari 'kehilangan' yang lebih besar dalam persaingan global.

Biden pergi ke Michigan untuk mempromosikan proposal untuk program jaring pengaman, kesehatan dan lingkungan yang diperluas.

Anggota Kongres Demokrat, Dan Kildee, mengatakan bahwa perjalanan Biden ke Michigan adalah kesempatan terbaik untuk membangun kembali infrastruktur Michigan yang hancur.

“Presiden dan saya fokus untuk meloloskan undang-undang yang memberikan keamanan dan peluang ekonomi yang lebih besar kepada warga Michigan yang bekerja. Ini termasuk membangun kendaraan listrik di sini di Michigan dengan serikat pekerja. Anggaran Build Back Better juga memperluas manfaat Medicare untuk manula dan memberikan potongan pajak yang besar untuk keluarga yang bekerja dengan anak-anak. Mengesahkan RUU infrastruktur bipartisan akan membantu membangun kembali jalan, jembatan, dan sistem air Michigan,” papar Kildee panjang lebar.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA