Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wapres Filipina Leni Robredo Mantap Mencalonkan Diri Sebagai Presiden

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 07 Oktober 2021, 15:16 WIB
Wapres Filipina Leni Robredo Mantap Mencalonkan Diri Sebagai Presiden
Leni Robredo/Net
rmol news logo Wakil Presiden Filipina Leni Robredo memantapkan langkahnya untuk mencalonkan diri sebagai presiden dalam pemilihan 2022.

Kepastian itu disampaikan Robredo (56), seorang pengacara hak asasi manusia dan janda mantan menteri dalam negeri, yang dikenal kritis terhadap petahana Rodrigo Duterte dan perang berdarahnya terhadap narkoba pada Kamis (7/10) waktu setempat.

"Saya berjanji untuk memberikan semua kekuatan saya tidak hanya dalam pemilihan ini tetapi di hari-hari saya yang tersisa (sebagai wakil presiden) untuk memperjuangkan Filipina," kata Robredo dalam pidato 15 menit yang disiarkan langsung di media sosial, menambahkan bahwa dia siap untuk memulai pertarungan yang lebih besar, seperti dikutip dari Inquirer.

Robredo yang dikenal kritis telah berselisih dengan Duterte dalam berbagai masalah. Ibu dari tiga anak itu, diperkirakan akan mengajukan surat pencalonannya pada hari Kamis.  

Duterte sendiri tidak dapat mencalonkan diri sebagai presiden pada Mei karena aturan tentang batasan masa jabatan.

Sebelum menyatakan diri mundur dari dunia politik Filipna pada Sabtu lalu, Duterte sempat mengatakan bahwa dia akan mencalonkan diri sebagai wakil presiden.

Jika menang, Robredo akan menjadi wanita ketiga yang memimpin Filipina setelah juara demokrasi Corazon Aquino pada 1986 dan Gloria Macapagal-Arroyo pada 2001. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA