Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pesan Ulang Tahun Gorbachev untuk Putin: Semoga Diberi Energi yang Baik dalam Melayani Rusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 08 Oktober 2021, 05:58 WIB
Pesan Ulang Tahun Gorbachev untuk Putin: Semoga Diberi Energi yang Baik dalam Melayani Rusia
Mikhail Gorbachev dan Vladimir Putin/Net
rmol news logo Memimpin sebuah negara bukanlah pekerjaan mudah. Ada banyak tantangan dan pengorbanan luar biasa, yang bukan saja dihadapi oleh seseorang tetapi juga keluarganya.

Mikhail Gorbachev, presiden pertama Uni Soviet, berharap Vladimirv Putin selalu tabah dan berbesar hati dalam memperkuat negara Rusia. Dalam pesan ucapan selamat kepada Putin yang berulang tahun pada Kamis (7/10).

Gorbachev juga mendoakan kesehatan dan keselamatan Putin.

"Terimalah ucapan selamat saya atas ulang tahun Anda yang ke-69. Pada hari ini saya ingin mendoakan Anda kesehatan, daya tahan, dan energi yang baik dalam melayani Rusia, memperkuat kenegaraannya, dan mengembangkan ekonominya," ujar Gorbachev dalam sebuah pesan singkat, seeprti dikutip dari TASS, Kamis (7/10).

Gorbachev juga berharap agar Putin memiliki ketahanan dan energi dalam kegiatan kebijakan luar negeri.

Putin, yang memerintah Rusia sejak Mei 2012 berusia 69 tahun pada Kamis (7/10). Kelahiran Saint Petersburg ini memiliki hubungan yang bersahabat dengan selama beberapa tahun. Keduanya diketahui saling memuji satu sama lain, dengan Putin menyebutnya sebagai 'negarawan yang luar biasa', sementara Gorbachev menyebutnya sebagai 'pemimpin dengan kepercayaan tinggi'.

Namun, hubungan itu juga kerap diselingi kritikan tajam di mana Gorbachev sering menegur Putin agar tidak besar kepala serta 'benci' dengan keputusannya yang merekrut orang-orang terdekatnya dalam kekuasaan.

Ucapan selamat ulang tahun juga datang dari Presiden China Xi Jinping.

"Ada telegram dari Xi Jinping. Sudah dikirim sehari sebelumnya," kata juru bicara Dmitry Peskov tanpa merinci isi telegram itu.

Para pemimpin Azerbaijan, Armenia, Israel, Kazakhstan, Kirgistan, Tajikistan, Turki, Turkmenistan, Uzbekistan, dan Jepang telah memberi selamat kepada Putin melalui telepon.

Tahun ini, Presiden Belarusia Alexander Lukashenko adalah pemimpin asing pertama yang memberi selamat kepada Putin.

"Tapi, saya belum melihat telegram dari Biden," lanjut Peskov. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA