Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jika Ketegangan Tajikistan-Afghanistan Meletus, Pangkalan Militer Rusia ke-201 Siap Membantu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/abdul-mansoor-hassan-zada-1'>ABDUL MANSOOR HASSAN ZADA</a>
LAPORAN: ABDUL MANSOOR HASSAN ZADA
  • Jumat, 08 Oktober 2021, 08:00 WIB
Jika Ketegangan Tajikistan-Afghanistan Meletus, Pangkalan Militer Rusia ke-201 Siap Membantu
Dua negara tetangga, Afghanistan dan Tajikistan tengah terlibat ketegangan, terutama di wilayah perbatasan/Net
rmol news logo Dua negara tetangga, Afghanistan dan Tajikistan tengah terlibat ketegangan, terutama di wilayah perbatasan. Kedua belah pihak sama-sama mengerahkan pasukan dalam jumlah banyak ke perbatasan langsung masing-masing negara.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Selain itu, Afghanistan dan Tajikistan juga terlibat "perang" retorika. Di satu sisi Presiden Tajikistan Emomali Rakhmon berulang kali menyatakan dengan lantang bahwa dia menolak mengakui Taliban sebagai pemerintah resmi Afghanistan. Rakhmon bahkan mengecam pengambilalihan kekuasaan pemerintah oleh Taliban dan menilainya sebagai bentuk pelanggaran hak asasi manusia.

Dia juga kerap menyinggung soal penyerbuan milisi Taliban ke Lembah Panjshir, yang merupakan basis kelompok penentang mereka, beberapa waktu lalu.

Di sisi lain, Taliban juga telah memperingatkan Dushanbe agar tidak ikut campur urusan dalam negeri Afghanistan.

Di tengah situasi tersebut, Rusia mengambil sikap. Ditanya tentang kemungkinan meningkatnya ketegangan antara Tajikistan dan Taliban, juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan pada konferensi pers pada Kamis (7/10) bahwa Rusia akan mengambil tindakan paling tegas untuk membantu Tajikistan jika situasinya meningkat.

Menurut Zakharova, jika terjadi eskalasi situasi, pangkalan militer Rusia ke-201 di Tajikistan siap membantu negara dengan peralatan paling modern. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA