Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Siap-siap Normalisasi Hubungan Lagi, Israel Sasar Oman

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 08 Oktober 2021, 09:48 WIB
Siap-siap Normalisasi Hubungan Lagi, Israel Sasar Oman
Penandatanganan Kesepakatan Abraham/Net
rmol news logo Israel kembali gencar melakukan normalisasi hubungan. Kali ini, Israel telah menyasar Oman.

Kepala Divisi Timur Tengah dan Proses Perdamaian di Kementerian Luar Negeri Israel, Eliav Benjamin mengatakan pihaknya telah melakukan pembicaraan dengan semua negara di kawasan, baik Timur Tengah maupun Afrika Utara.

"Mereka masing-masing harus memutuskan kapan waktu yang tepat untuk mereka dan bagaimana melakukannya. Kami berbicara kepada mereka semua, Oman juga, kami memiliki kerjasama yang berkelanjutan," ujarnya, seperti dikutip Sputnik.

Oman telah lama berusaha menjadi mediator netral di kawasan. Hingga kematiannya pada Januari 2020, mendiang Sultan Qaboos berusaha menyatukan para diplomat Houthi dan Saudi untuk pembicaraan damai.

Baru-baru ini, kesultanan, yang sekarang dipimpin oleh sepupu Qaboos, Haitham bin Tariq, memuji kesepakatan damai yang disebut Abraham Accords, antara Israel dengan empat negara Arab, yaitu Bahrain, Uni Emirat Arab (UEA), Sudan, dan Maroko.

Pembicaraan informal antara Israel dan Oman juga tidak pernah terdengar. Tiga perdana menteri Israel diam-diam mengunjungi Oman, yaitu Yitzhak Rabin pada tahun 1994, Shimon Peres pada tahun 1996 dan Benjamin Netanyahu pada tahun 2018.

Pada 1996, kunjungan bahkan mengarah pada pembukaan kantor perdagangan di kedua negara. Namun, hubungan itu dengan cepat terputus pada tahun 2000 setelah Intifada Kedua pecah. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA