Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Gagal Dapatkan F-35, Turki Minta AS Jual 40 Jet F-16

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 08 Oktober 2021, 11:59 WIB
Gagal Dapatkan F-35, Turki Minta AS Jual 40 Jet F-16
Jet tempur F-16/Net
Turki telah mengajukan permintaan untuk membeli 40 unit jet tempur F-16 buatan Lockheed Martin kepada Amerika Serikat (AS). Permintaan itu juga termasuk sekitar 80 kit modernisasi untuk pesawat tempurnya yang sudah ada.

Kesepakatan bernilai miliaran dolar itu masih dalam proses Penjualan Militer Asing, yang perlu disetujui oleh Departemen Luar Negeri. Hanya Kongres AS yang bisa memblokir kesepakatan.

"Sebagai masalah kebijakan, Departemen tidak mengkonfirmasi atau mengomentari penjualan atau transfer pertahanan yang diusulkan sampai mereka secara resmi diberitahukan kepada Kongres," kata jurubicara Departemen Luar Negeri, seperti dikutip Reuters.

Pengajuan itu dilakukan oleh Turki setelah AS menolak untuk menjual F-35 lantaran skandal pembelian sistem pertahanan udara S-400 dari Rusia oleh Ankara.

Pada 2019, Ankara telah memesan lebih dari 100 unit jet F-35, juga dibuat oleh Lockheed Martin Corp. Tetapi pesanan itu gagal setelah Turki mengakuisisi sistem pertahanan rudal S-400 Rusia.

Pada Desember 2020, Washington memasukkan sejumlah individu dan industri militer Turki ke dalam daftar hitam.

Insiden itu juga telah memperburuk sentimen terhadap Turki di Kongres AS. Sehingga pengajuan pembelian F-16 kemungkinan akan mengalami kesulitan.

Sejak itu AS telah berulang kali memperingatkan Turki agar tidak membeli persenjataan Rusia lebih lanjut. Namun pekan lalu, Presiden Turki Tayyip Erdogan mengindikasikan bahwa Ankara masih berniat membeli gelombang kedua S-400 dari Rusia.

ARTIKEL LAINNYA