Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wartawan Filipina dan Rusia Dinobatkan Sebagai Pemenang Bersama Hadiah Nobel Perdamaian 2021

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Jumat, 08 Oktober 2021, 16:58 WIB
Wartawan Filipina dan Rusia Dinobatkan Sebagai Pemenang Bersama Hadiah Nobel Perdamaian 2021
Dmitry Muratov dan Maria Ressa merupakan dua wartawan yang dianugerahi penghargaan bergengsi Hadiah Nobel Perdamaian/Net
rmol news logo Dua orang wartawan yang kerap membuat geram pihak berwenang di Rusia dan Filipina dianugerahi penghargaan bergengsi Hadiah Nobel Perdamaian pada Jumat (8 /10). Keduanya adalah Maria Ressa dan Dmitry Muratov.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Ketua Berit Reiss-Andersen dari Komite Nobel Norwegia mengatakan bahwa keduanya diberikan penghargaan atas perjuangan berani mereka untuk kebebasan berekspresi di Filipina dan Rusia.

"Pada saat yang sama, mereka adalah perwakilan dari semua wartawan yang membela cita-cita ini di dunia di mana demokrasi dan kebebasan pers menghadapi kondisi yang semakin buruk," tambahnya.

Hadiah tersebut adalah yang pertama bagi wartawan sejak Carl von Ossietzky dari Jerman memenangkannya pada tahun 1935 karena mengungkapkan program persenjataan kembali rahasia negaranya pasca-perang.

"Jurnalisme yang bebas, independen, dan berdasarkan fakta berfungsi untuk melindungi dari penyalahgunaan kekuasaan, kebohongan, dan propaganda perang," kata Reiss-Andersen, sebagaimana dikabarkan Channel News Asia.

Hadiah Nobel Perdamaian akan diberikan pada 10 Desember, bersamaan dengan peringatan kematian industrialis Swedia Alfred Nobel, yang mendirikan penghargaan dalam wasiatnya tahun 1895. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA