Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Xi Jinping kepada PM Fumio Kishida: Bagi China, Jepang adalah Harta yang Sangat Berharga

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 09 Oktober 2021, 07:37 WIB
Xi Jinping kepada PM Fumio Kishida: Bagi China, Jepang adalah Harta yang Sangat Berharga
Presiden Xi Jinping/Net
rmol news logo Fumio Kishida melakukan diskusi dengan Presiden China Xi Jinping pada Jumat (8/10), untuk pertama kalinya sejak ia dilantik menjadi Perdana Menteri Jepang.

Dalam percakapan itu kedua pemimpin sepakat untuk meningkatkan komunikasi dan kerja sama, mengelola perbedaan dan berkoordinasi untuk mengatasi tantangan bersama.

Tetangga yang baik adalah harta yang luar biasa, begitulah arti Jepang untuk China, menurut Xi yang nampak berupaya memberikan kesan positif di tengah meningkatnya ketegangan dua negara akhir-akhir ini.

Ia berharap hubungan bilateral yang baik dapat menguntungkan kedua negara dan kemakmuran Asia dan dunia.

Xi juga mengingatkan bahwa tahun ini menandai peringatan 50 tahun normalisasi hubungan diplomatik antara China dan Jepang.

“Diharapkan kedua negara akan meninjau kembali aspirasi awal, bertemu di tengah jalan dan membuka prospek baru untuk pengembangan hubungan bilateral,” kata Xi, seperti dikutip Global Times, Kamis (8/10).

Xi berharap China dan Jepang harus belajar pengalaman dan pelajaran positif dalam hubungan diplomatik kedua negara serta mematuhi prinsip-prinsip yang ditetapkan dalam empat dokumen politik. Begitu juga mengenai permasalah Taiwan.

"China dan Jepang harus menangani dengan baik hal-hal sensitif utama yang berkaitan dengan sejarah dan pulau Taiwan," kata Xi.

Sementara Kishida menyatakan keinginannya untuk bekerja dengan China dalam belajar dari sejarah untuk mengembangkan hubungan yang konstruktif dan stabil serta mengelola perbedaan melalui komunikasi.

"Jepang bersedia meningkatkan ekonomi dan pertukaran orang-ke-orang dengan China, dan bekerja sama dalam pengendalian epidemi dan topik internasional lainnya," kata PM ke-100 Jepang itu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA