Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS Buka Pintu Dialog dengan Taliban, Bahas Bank Sentral Hingga Vaksin Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/abdul-mansoor-hassan-zada-1'>ABDUL MANSOOR HASSAN ZADA</a>
LAPORAN: ABDUL MANSOOR HASSAN ZADA
  • Minggu, 10 Oktober 2021, 18:20 WIB
AS Buka Pintu Dialog dengan Taliban, Bahas Bank Sentral Hingga Vaksin Covid-19
Pejabat Menteri Luar Negeri Taliban, Amir Khan Muttaqi, mengatakan bahwa fokus delegasi Afghanistan adalah bantuan kemanusiaan/Net
rmol news logo Pejabat senior Taliban dan perwakilan Amerika Serikat kembali bertemu di meja perundingan di Qatar untuk membahas langkah untuk "membuka lembaran baru" dalam hubungan mereka pada akhir pekan ini (Sabtu, 9/10). Pertemuan ini adalah yang pertama dilakukan sejak penarikan pasukan Amerika Serikat dari tanah Afghanistan pada Agustus lalu.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menurut keterangan pejabat Menteri Luar Negeri Taliban, Amir Khan Muttaqi, fokus delegasi Afghanistan adalah bantuan kemanusiaan, serta implementasi perjanjian yang ditandatangani Taliban dengan Washington tahun lalu yang membuka jalan bagi penarikan terakhir pasukan Amerika Serikat.

Dia menambahkan bahwa delegasi Afghanistan telah meminta Amerika Serikat untuk mencabut larangannya terhadap cadangan bank sentral Afghanistan. Selain itu, dia juga menjelaskan bahwa Amerika Serikat akan menawarkan vaksin kepada warga Afghanistan untuk melawan Covid-19.

Setelah bertemu delegasi Amerika Serikat, petinggi Taliban juga nantinya akan bertemu dengan perwakilan dari Uni Eropa.

Sementara itu, seperti dikabarkan Al Jazeera, sebelumnya seorang juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Serikat mengatakan bahwa pembicaraan dengan Taliban itu bukan tentang mengakui atau melegitimasi Taliban sebagai pemimpin Afghanistan, tetapi merupakan kelanjutan dari pembicaraan pragmatis tentang isu-isu kepentingan nasional bagi Amerika Serikat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA