Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Usai Bertemu Perdana Menteri Babis, Presiden Ceko Milos Zeman Dilarikan ke Rumah Sakit

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 11 Oktober 2021, 07:21 WIB
Usai Bertemu Perdana Menteri Babis, Presiden Ceko Milos Zeman Dilarikan ke Rumah Sakit
Presiden Ceko Milos Zeman/Net
rmol news logo Presiden Ceko Milos Zeman saat ini sedang dalam perawatan intensif di sebuah rumah sakit Praha, setelah dilarikan dengan ambulans pada Minggu (10/10) waktu setempat.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kabar mengejutkan itu datang tak lama setelah Zeman mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Andrej Babis tentang pembentukan pemerintahan baru.

"Zeman dirawat di unit perawatan intensif karena komplikasi yang berkaitan dengan kondisi yang sudah ada sebelumnya," kata Miroslav Zavoral, direktur rumah sakit, kepada media, menambahkan bahwa dia tidak diizinkan untuk mengungkapkan rincian lebih lanjut, seperti dikutip dari Reuters.

September lalu Zeman menghabiskan delapan hari di rumah sakit, dan kembali pulih dari apa yang dia gambarkan sebagai dehidrasi dan kelelahan ringan.

Pria berusia 77 tahun yang telah menjadi kepala negara sejak 2013 ini mulai menggunakan kursi roda awal tahun ini karena neuropati di kakinya.

Sumber yang dikutip oleh media lokal bersikeras rawat inap Zeman sebenarnya telah direncanakan. Sebelumnya presiden awal pekan ini memang telah membatalkan wawancara TV yang dijadwalkan berlangsung Minggu karena alasan kesehatan.

Republik Ceko baru saja selesai menyelenggarakan pemilihan legislatif pada minggu ini, dengan hasil partai ANO yang menaungi PM Babis kalah tipis dari oposisi. Koalisi oposisi Bersama dan sekutu mereka telah mengklaim 108 kursi parlemen dari 200.

Zeman sebelumnya mengatakan dia akan memberi PM Babis kesempatan untuk membentuk pemerintahan baru jika dia memenangkan mayoritas.

Namun, jika partai-partai oposisi menepati janji mereka untuk tidak bekerja sama dengan Babis, salah satu orang terkaya di negara itu, ia akan terpaksa meninggalkan jabatan yang dijabatnya sejak 2017. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA