Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tanpa Rusia, Krisis Energi Eropa Bisa Bertahan Hingga Lebih dari Enam Bulan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 11 Oktober 2021, 09:27 WIB
Tanpa Rusia, Krisis Energi Eropa Bisa Bertahan Hingga Lebih dari Enam Bulan
Presiden Serbia Aleksandar Vucic/Net
rmol news logo Krisis energi di Eropa diperkirakan akan bertahan setidaknya selama enam bulan lagi, kecuali mereka membuka diri untuk mencapai kesepakatan pasokan gas jangka panjang dengan Rusia.

Begitu yang dikatakan oleh Presiden Serbia Aleksandar Vucic pada Minggu (10/10), setelah menjamu Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov di Beograd.

"Krisis ini tidak akan berakhir dengan sendirinya dalam enam bulan ke depan dan mungkin lebih lama. Mungkin perlu dua tahun untuk menyelesaikannya," ujarnya, seperti dikutip Sputnik.

Vucic menyebut, langkanya pasokan gas di Eropa muncul karena ketergantungan wilayah itu pada sumber energi terbarukan dan keengganan untuk mencapai kesepakatan pasokan jangka panjang dengan Rusia.

"Mereka tidak menandatangani perjanjian jangka panjang. Dengan siapa Anda bisa menandatangani perjanjian jangka panjang, kecuali Rusia tentu saja? Dan mengapa mereka tidak melakukan ini? Karena alasan politik, bukan ekonomi," jelas Vucic.

Awal pekan ini, harga gas berjangka di Eropa memecahkan rekor baru, melebihi 1.900 dolar AS per 1.000 meter kubik. Meski cepat pulih, tetapi harga tetap tinggi, jatuh kembali ke sekitar 1.200 dolar AS per 1.000 meter kubik.

Sementara itu, Vucic mengungkap rasa terima kasih kepada Rusia yang telah memberikan stabilitas energi. Raksasa energi Rusia Gazprom mengekspor 2,2 miliar meter kubik gas Rusia ke Serbia pada 2018.

"Kami sangat berterima kasih kepada Rusia atas bantuannya dalam menjaga stabilitas energi dan keamanan negara kami," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA