Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tiga Tersangka Pelaku Pembuang Ribuan Vaksin Covid Senilai Rp 4,5 Miliar Ditangkap Pihak Berwenang Mesir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 11 Oktober 2021, 11:34 WIB
Tiga Tersangka Pelaku Pembuang Ribuan Vaksin Covid Senilai Rp 4,5 Miliar Ditangkap Pihak Berwenang Mesir
Ilustrasi/Net
rmol news logo Jaksa penuntut umum Mesir telah memerintahkan penangkapan tiga orang tersangka pelaku pembuangan ribuan Vaksin Covid-19 tak terpakai.

Pengumuman tersebut disampaikan pada Minggu (10/10) menyusul penemuan 18.400 paket vaksin tak terpakai dengan nilai lebih dari 319.000 dolar AS di sepanjang saluran air.

Dikatakan bahwa vaksin yang sebelumnya dilaporkan hilang itu telah dialokasikan ke direktorat kesehatan di Kota Minya, sekitar 220 kilometer (137 mil) selatan Kairo.

"Vaksin yang dibuang hilang setelah diberikan oleh apoteker yang berwenang kepada pengemudi kendaraan Kementerian Kesehatan untuk dikirim ke direktorat Minya," kata jaksa, seperti dikutip dari Al-Arabiya, Senin (11/10).

"Investigasi awal menyatakan apoteker dan seorang pejabat di depot direktorat bertanggung jawab atas kelalaian berat, dan mereka diperintahkan ditahan untuk penyelidikan bersama dengan pengemudi setelah memberikan keterangan yang bertentangan," kata pernyataan itu.

Pernyataan penuntut menambahkan bahwa hampir 5.000 paket lainnya juga telah hilang dari depot karena penyimpanan pada suhu yang tidak tepat. Itu tidak memberikan jumlah dosis atau jenis vaksin, tetapi pernyataan resmi sebelumnya mengatakan itu dibuat oleh Sinopharm China.

Gambar yang diposting di media sosial menunjukkan tumpukan kotak putih berserakan di sepanjang tepi saluran air di provinsi Bani Mazar, utara Minya.

Mesir bertujuan untuk memvaksinasi 40 juta penduduknya lebih dari 100 juta pada akhir tahun. Namun niat tersebut sedikit terlambat di tengah keterlambatan pasokan dan beberapa keraguan vaksin. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA