Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Setelah China, Iran akan Teken Kemitraan Strategis dengan Rusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 12 Oktober 2021, 09:47 WIB
Setelah China, Iran akan Teken Kemitraan Strategis dengan Rusia
Jurubicara Kementerian Luar Negeri Iran Said Khatibzadeh/Net
rmol news logo Iran dan Rusia akan meningkatkan hubungannya ke kemitraan strategis. Itu terjadi tidak lama setelah Iran menjalin kemitraan yang sama dengan China.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kemungkinan penandatanganan perjanjian kemitraan strategis itu diungkap oleh jurubicara Kementerian Luar Negeri Iran Said Khatibzadeh pada Senin (11/10).

Penandatangan perjanjian itu juga sebagai tindak lanjut dari pertemuan dua menteri luar negeri di Moskow pada pekan lalu.

Khatibzadeh mengatakan, poros Timur telah ditentukan antara Iran, China, dan Rusia. Setengah tahun sebelumnya, Teheran juga menandatangani perjanjian serupa dengan China.

Menurut Khatibzadeh, peningkatan hubungan antara Iran dan Rusia sangat diperlukan. Selain itu, Perjanjian Kerjasama Komprehensif Iran-Rusia juga telah disimpulkan.

Teheran telah menyelesaikan berbagai klausul dokumen dan akan mengirimkannya ke Moskow. Diharapkan dokumen itu dapat ditandatangani dalam beberapa bulan mendatang sebagai bagian dari rencana strategis 25 tahun.

"Kami melakukan pembicaraan yang sangat baik dengan menteri luar negeri Rusia di Moskow tentang berbagai masalah yang menjadi kepentingan bersama, termasuk Afghanistan, Kaukasus, Suriah, Yaman, dan JCPOA," kata Khatibzadeh, seperti dikutip Telesur.

Pada 27 Maret, Iran menandatangani perjanjian kerjasama strategis dan perdagangan 25 tahun dengan China yang mencakup klausul politik dan ekonomi. Pada bulan September, Teheran bergabung dengan Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO), yang dipimpin oleh Rusia dan China. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA