Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Presiden Meksiko Tuding Perusahaan Besar Terlibat Penyelundupan Bahan Bakar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 12 Oktober 2021, 12:48 WIB
Presiden Meksiko Tuding Perusahaan Besar Terlibat Penyelundupan Bahan Bakar
Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador/Net
rmol news logo Dalam sebuah pernyataan terbaru, Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador mengatakan bahwa perusahaan asing terkenal telah terlibat dalam apa yang dia gambarkan sebagai penyelundupan bahan bakar.

Secara gamblang dia bahkan menyebut pedagang energi global Trafigura yang berbasis di Swiss sebagai contoh praktik tersebut dalam konferensi persnya pada Senin (11/10).

Komentar AMLO menandai perkembangan baru dalam jaringan penyelidikan korupsi dari beberapa pedagang energi terbesar dunia di beberapa negara Amerika Latin.

"Kami telah menemukan bahwa beberapa dari perusahaan asing terkenal ini mengangkut bahan bakar selundupan dan izin impor Trafigura telah ditangguhkan," kata Lopez Obrador tanpa memberikan rincian, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (12/10).

Sementara Trafigura membantah apa yang dituduhkan presiden lewat pernyataan yang dikirim melalui email.

“Trafigura dengan tegas menyangkal bahwa itu adalah atau telah mengangkut dan/atau mengirimkan bahan bakar secara tidak benar ke Meksiko. Trafigura mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku di yurisdiksi di mana ia beroperasi, termasuk Meksiko,” katanya.

“Trafigura telah memberikan dokumen dan bukti kepatuhan dengan persyaratan yang berlaku kepada pihak berwenang terkait dan akan terus bekerja dengan pihak berwenang untuk mengklarifikasi situasi ini," lanjutnya.

Sementara Kementerian energi Meksiko bulan lalu mengatakan empat izin impor bahan bakar Trafigura sedang dalam proses pembatalan sementara satu izin telah habis masa berlakunya.

Perusahaan sebelumnya mengatakan penangguhan itu tidak sah dan mengikuti hukum dan peraturan negara tempat ia beroperasi.

Selain Trafiguraa, saat ini Meksiko juga menyelidiki Vitol, pedagang energi independen terbesar di dunia, atas 'penyimpangan' dalam mendokumentasikan produk minyak sulingannya yang memasuki Meksiko yang dapat menyebabkan tuntutan pidana karena penggelapan pajak.

Vitol telah membantah melakukan kesalahan, dan sebelumnya mengatakan tuduhan itu terjadi beberapa tahun yang lalu dan terkait dengan impor yang diklasifikasikan oleh perusahaan lain yang bekerja dengannya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA