Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rusia Dituduh Curi Formula AstraZeneca, Menlu Lavrov Geram

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Selasa, 12 Oktober 2021, 23:32 WIB
Rusia Dituduh Curi Formula AstraZeneca, Menlu Lavrov Geram
Media Inggris mempublikasikan artikel yang menyebut bahwa Rusia mencuri formula vaksin, yang dikembangkan oleh perusahaan Inggris-Swedia AstraZeneca/Net
rmol news logo Isu mengenai vaksin Covid-19 kembali mengundang perhatian publik internasional pekan ini. Sebuah media Inggris, The Sun pada tanggal 10 Oktober kemarin mempublikasikan artikel yang menyebut bahwa Rusia mencuri formula vaksin, yang dikembangkan oleh perusahaan Inggris-Swedia AstraZeneca.

Klaim yang dimuat di artikel itu menyebutkan bahwa mata-mata Rusia mencuri cetak biru untuk vaksin AstraZeneca untuk kemudian membuat vaksin Covid-19 buatan dalam negeri Sputnik V.

Klaim itu dibuat dengan merujuk keterangan dari seorang sumber anonim yang katanya dekat dengan informasi.

Menanggapi kabar itu, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov membantah dengan tegas.

“Untuk Inggris dan mitra Barat lainnya, saya tidak berpikir seseorang akan menganggap serius pernyataan tidak berdasar ini," kata Lavrov saat berbicara pada konferensi pers di ibukota Kazakh Nur-Sultan pada hari Selasa (12/10).

"Sudah banyak tuduhan tidak berdasar," sambungnya.

Vaksin Covid-19 AstraZeneca memicu laporan yang meski jarang terjadi, namun ada, yakni efek samping seperti pembekuan darah. Laporan semacam itu, kata Lavrov, tidak ditemukan pada Sputnik V. 


"Saya pikir setiap orang yang tertarik akan menarik kesimpulan untuk diri mereka sendiri," tegasnya seperti dikabarkan Al Jazeera. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA