Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Dipenuhi Semangat Juche, Korea Utara Unjuk Kekuatan Pertahanan

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 13 Oktober 2021, 08:18 WIB
Dipenuhi Semangat Juche, Korea Utara Unjuk Kekuatan Pertahanan
Sekretaris Jenderal WPK, Kim Jong Un ketika menghadiri pameran "Self-Defence-2021"/KCNA
Dalam rangka memperingati 76 tahun berdirinya Partai Pekerja Korea (WPK), sebuah pameran megah dibuka untuk memperlihatkan pembangunan pertahanan Korea Utara.

Pameran yang digelar di Three-Revolution Exhibition House pada Senin (11/10) ini memiliki tema "Self-Defence-2021".

Selain menunjukkan berbagai industri pertahanan yang mutakhir, pameran ini juga memperlihatkan perjuangan Korea Utara untuk mengembangkan pembangunan pertahanan demi kesejahteraan dan masa depan negara.

Kegiatan itu juga dihadiri oleh Sekretaris Jenderal WPK, Kim Jong Un. Tampak juga anggota Presidium Biro Politik Komite Sentral WPK Choe Ryong Hae, Jo Yong Won, Kim Tok Hun dan Pak Jong Chon, serta para pejabat, ilmuwan, dan teknisi yang berjasa di bidang industri pertahanan nasional.

Upacara pembukaan dimulai dengan penampilan bank militer gabungan yang membuat formasi bertuliskan angka "10.10" dan lambang partai, sembari mengikuti irama musik revolusioner.

Setelah itu muncul demonstrasi bela diri oleh para kombatan Tentara Rakyat yang mendapatkan tepuk tangan meriah.

Seorang penerjun payung kelas atas menunjukkan keterampilan mendarat, mengibarkan bendera merah partai di langit. Sementara para pilot tempur melakukan aksi.

Kemudian Kim Jong Un bersama para pejabat tinggi menaiki panggung, disambut sorakan di seluruh tempat pameran, seperti yang dilaporkan KCNA.

Dalam pidatonya, Kim mengatakan itu merupaan hari pengingat bagi kemampuan dan kepemimpinan partai.

"Partai kita menulis sejarah baru untuk meningkatkan kemampuan pertahanan nasional dengan selalu mempertahankan garis pertahanan diri yang tak terkalahkan," ujarnya.

Kim juga menuturkan, WPK harus terus melanjutkan jalan revolusi "do-or-die" dalam industri pertahanan, untuk membina kekuatan yang lebih kuat dan absolut.

Pada kesempatan itu, Kim juga memberikan penghargaan kepada mereka yang telah berjasa membangun pertahanan negara.

Kim Jong Un secara pribadi menganugerahkan Ordo Kim Il Sung dan Ordo Kim Jong Il, ordo tertinggi gelar pahlawan dan medali emas.

Pameran kemudian dilanjutkan dengan memperlihatkan berbagai jenis senjata dan peralatan yang dikembangkan dan diproduksi Pyongyang selama lima tahun terakhir.

Melihat sekeliling dengan emosi yang mendalam, senjata dan peralatan yang dipamerkan menunjukkan semangat jiwa Juche.

ARTIKEL LAINNYA