Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

PM Modi: Afghanistan Tak Boleh Jadi Ladang Radikalisme dan Terorisme

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 14 Oktober 2021, 06:02 WIB
PM Modi: Afghanistan Tak Boleh Jadi Ladang Radikalisme dan Terorisme
Perdana Menteri India Narendra Modi/Net
Dunia perlu meningkatkan upaya untuk mencegah radikalisasi dan terorisme, terutama memastikan Afghanistan tidak menjadi sumbernya.

Pesan itu disampaikan oleh Perdana Menteri India Narendra Modi lewat pidato virtual di KTT G20 pada Selasa (12/10). Pertemuan itu secara khusus dibuat untuk membahas isu Afghanistan.

"Berpartisipasi dalam KTT G20 mengenai Afghanistan. Ditekankan untuk mencegah wilayah Afghanistan menjadi sumber radikalisasi dan terorisme," cuit Modi di akun Twitter-nya, @narendramodi.

Modi juga menyerukan agar bantuan kemanusiaan yang mendesak diberikan kepada warga Afghanistan tanpa hambatan.

Dari keterangan yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri India, pidato Modi menyampaikan dukungan atas peran penting PBB di Afghanistan. Ia juga mendorong G20 untuk turut mendukung Resolusi Dewan Keamanan PBB 2593 tentang Afghanistan.

Resolusi yang diadopsi pada 30 Agustus di bawah presidensi India itu menyebutkan pentingnya menegakkan hak asasi manusia di Afghanistan.

Di dalam resolusi itu juga digarisbawahi bahwa Afghanistan tidak boleh digunakan untuk terorisme.

"Untuk melestarikan keuntungan sosial-ekonomi dari 20 tahun terakhir dan untuk membatasi penyebaran ideologi radikal, ada sebuah kebutuhan akan pemerintahan yang inklusif di Afghanistan, yang mencakup perempuan dan minoritas," jelas Modi, seperti dikutip India Narrative.

Lebih lanjut, Modi mengatakan, masyarakat India dan Afghanistan memiliki keterikatan selama berabad-abad. Setiap orang India merasakan penderitaan rakyat Afghanistan yang menghadapi kelaparan dan kekurangan gizi.

Untuk itu, penting bagi komunitas internasional memastikan bahwa Afghanistan memiliki akses langsung dan tanpa hambatan ke bantuan kemanusiaan.

ARTIKEL LAINNYA