Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Menlu Yair Lapid: Israel Punya Hak Hentikan Program Nuklir Iran

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 14 Oktober 2021, 10:43 WIB
Menlu Yair Lapid: Israel Punya Hak Hentikan Program Nuklir Iran
Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid/Net
Israel memiliki hak untuk bertindak melawan Iran, termasuk mengerahkan kekuatan demi menghentikan program nuklir Teheran.

Begitu yang dikatakan oleh Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid ketika berbicara dalam konferensi pers bersama rekan-rekannya dari Uni Emirat Arab (UEA) dan Amerika Serikat (AS) di Washington DC pada Rabu (13/10).

Lapid mengatakan, di tengah dunia yang beradab, Iran tidak boleh memperoleh senjata nuklir.

“Menteri Luar Negeri (Antony) Blinken dan saya adalah putra dari korban selamat Holocaust. Kita tahu ada saat-saat ketika negara harus menggunakan kekuatan untuk melindungi dunia dari kejahatan,” kata Lapid, seperti dikutip Al Jazeera.

Ia juga menyebut, Iran akan berlomba menuju membuat "bom" jika mereka tidak percaya bahwa dunia serius untuk menghentikan mereka.

“Israel berhak untuk bertindak pada saat tertentu dengan cara apapun. Itu bukan hanya hak kami, itu juga tanggung jawab kami," tambah Lapid.

Teheran telah berulang kali membantah bahwa program nuklirnya bertujuan untuk membuat senjata. Tetapi Israel kerap menuduh Iran memiliki senjata nuklir rahasia, sementara Israel sendiri pemilik nuklir yang bukan pihak dalam Perjanjian Non-Proliferasi Senjata Nuklir (NPT).

Sejak April, Iran bersama Eropa dan AS tengah menjajaki upaya untuk menghidupkan kesepakatan nuklir Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA).

JCPOA merupakan kesepakatan nuklir yang ditandatangani pada 2015, namun mati sejak mantan Presiden Donald Trump menarik AS pada 2018.

ARTIKEL LAINNYA