Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Usai Bertemu Dubes China, Menlu Imarah Islam Afghanistan Berangkat ke Turki

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 14 Oktober 2021, 14:32 WIB
Usai Bertemu Dubes China, Menlu Imarah Islam Afghanistan Berangkat ke Turki
(Tengah) Menteri Luar Negeri IEA, Amir Khan Muttaqi/Net
rmol news logo Imarah Islam Afghanistan (IEA) yang dikendalikan oleh Taliban tengah aktif menjajaki hubungan dengan berbagai negara.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri IEA Abdul Qatar Balkhi mengatakan, penjabat Menteri Luar Negeri Amir Khan Muttaqi bersama rombongan berangkat ke Turki pada Kamis pagi (14/10).

Balkhi mengatakan, kunjungan itu atas undangan resmi dari Menteri Luar Negeri Turki Ahmed Dawood Oglu.

"Serangkaian keputusan akan dibuat mengenai masalah hubungan bilateral, peningkatan perdagangan, bantuan kemanusiaan, migran, dan transportasi udara," cuit Balkhi.

Muttaqi didampingi oleh Mullah Khairullah Khairkhwa, Mullah Abdul Haq Wasiq, Mawolavi Noor Jalal Jalali, Sheikh Shahabuddin Dilawar, Mohammad Suhail Shaheen, Haji Mohammad Ibrahim dan Abdul Qahar Balkhi.

Dimuat Ariana News, sehari sebelumnya, Rabu (13/10), Muttaqi bertemu denga Dutabesar China untuk Qatar Zhou Jian di Doha.

Zhou Jian mengatakan China menghormati dan mendukung keinginan Afghanistan. Ia mengatakan, tidak ada negara yang boleh ikut campur dalam urusan internal Afghanistan dan tidak ada negara yang boleh memaksakan sistem kepada orang lain.

“Kami berharap kerjasama penuh China dalam memberikan bantuan kemanusiaan dan rekonstruksi di Afghanistan," kata Muttaqi kepada Zhou Jian.

Sementara itu, Kazakhstan juga menjadi tuan rumah pertemuan di Afghanistan yang dihadiri oleh para menteri luar negeri Asia Tengah, India dan Rusia pada Rabu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA