Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Tipu FAA Selama Sertifikasi 737 MAX, Kepala Pilot Teknis Boeing Diseret ke Meja Hijau

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 15 Oktober 2021, 08:21 WIB
Tipu FAA Selama Sertifikasi 737 MAX, Kepala Pilot Teknis Boeing Diseret ke Meja Hijau
Pesawat Boeing 737 MAX/Net
Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS) menjerat mantan Kepala Pilot Teknis untuk Boeing karena telah menipu Administradi Penerbangan Federal (FAA) selama sertifikasi Boeing 737 MAX.

Departemen Kehakiman menyebut Mark Forkner diduga memberi FAA informasi yang salah, tidak akurat, dan tidak lengkap mengenai sistem baru kontrol penerbangan pesawat Boeing 737 MAX.

"Dewan juri federal di Distrik Utara Texas mendakwa mantan Kepala Pilot Teknis untuk Perusahaan Boeing dengan menipu FAA sehubungan dengan evaluasi terhadap Boeing 737 MAX, dan rencana untuk menipu pelanggan maskapai Boeing yang berbasis di AS untuk mendapatkan puluhan juta dolar untuk Boeing," kata departemen pada Kamis (14/10), seperti dikutip Sputnik.

Departemen mengatakan pilot tidak menerima pelatihan tentang sistem baru yang digunakan dalam kontrol penerbangan 737 MAX karena tindakan Forkner.

Akibat dari tindakan Forkner juga, terjadi dua kecelakaan fatal Boeing 737 MAX yang memicu larangan terbang pesawat jenis itu di seluruh dunia dari Maret 2019 hingga Desember 2020.

Pada 2018 dan 2019, terjadi kecelakaan maut di Indonesia dan Ethiopia yang membuat ratusan orang meninggal dunia.

Menurut penyelidikan, alasan kedua insiden itu adalah kesalahan dalam perangkat lunak kontrol penerbangan (MCAS) pesawat.

Forkner didakwa dengan dua tuduhan penipuan yang melibatkan suku cadang pesawat dalam perdagangan antarnegara bagian dan empat tuduhan penipuan kawat.

ARTIKEL LAINNYA