Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Israel Terang-terangan Siap Serang Fasilitas Nuklir Iran, Teheran Adukan ke Dewan Keamanan PBB

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 15 Oktober 2021, 10:20 WIB
Israel Terang-terangan Siap Serang Fasilitas Nuklir Iran, Teheran Adukan ke Dewan Keamanan PBB
Ilustrasi/Net
rmol news logo Iran menanggapi dengan tegas pernyataan Israel yang disebut berhak dan siap untuk menyerang fasilitas nuklir Teheran.

Lewat surat yang dikirim kepada Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (DK PBB), Dutabesar Iran Majid Takht Ravanchi memberikan peringatan kepada Israel.

"Kami memperingatkan rezim Zionis terhadap kesalahan perhitungan atau petualangan militer yang menargetkan Iran dan program nuklirnya," tulis Ravanchi dalam surat tertanggal Kamis (14/10) itu.

Ravanchi mengatakan, Israel telah membuat ancaman provokatif ke tingkat yang mengkhawatirkan dalam beberapa bulan terakhir, termasuk selama renogosiasi kesepakatan nuklir di Wina, Austria sejak April.

"Ancaman sistematis dan eksplisit oleh rezim Zionis membuktikan bahwa mereka bertanggung jawab atas serangan teroris terhadap program nuklir damai Iran di masa lalu," tambahnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, terjadi serangkaian serangan misterius dan kecelakaan di fasilitas nuklir Iran, termasuk pembunuhan ilmuwan nuklir Mohsen Fakhrizadeh.

Teheran telah menunjuk hidung Israel dan badan intelijennya, Mossad, atas serangan-serangan itu.

Pada Rabu (13/10), Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid mengatakan pihaknya memiliki hak untuk melawan Iran, termasuk mengerahkan kekuatan demi menghentikan program nuklir Teheran. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA