Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Nigeria: Partai ADP Desak INEC Gunakan Transmisi Elektronik Hasil Pemilu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 16 Oktober 2021, 09:01 WIB
Nigeria: Partai ADP Desak INEC Gunakan Transmisi Elektronik Hasil Pemilu
Ketua Nasional ADP Yabaji Sani/Net
rmol news logo Partai Aksi Demokratik (ADP) mendesak Komisi Pemilihan Nasional Independen (INEC) memastikan bahwa transmisi elektronik hasil dapat digunakan dalam pemilihan gubernur pada 6 November yang akan datang di Negara Bagian Anambra, Nigeria Timur.

Hal itu disampaikan Ketua Nasional ADP Yabaji Sani saat pelantikan dewan kampanye partai untuk pemilihan Anambra, Jumat (15/10), di Abuja.

Sani mengatakan pemilihan Anambra adalah kesempatan besar untuk menguji coba proses yang didorong oleh teknologi menjelang pemilihan umum 2023.

“Saya ingin memanfaatkan kesempatan ini untuk mengucapkan selamat kepada INEC atas kemenangan bersejarahnya, terkait permasalahan dengan Majelis Nasional soal transmisi elektronik," ujar Sani seperti dikutip dari Ripples Nigeria, Jumat (15/10).

“Yang pasti, keberanian yang ditunjukkan oleh kepemimpinan INEC di bawah Prof. Mahmood Yakubu tidak sedikit, memperkuat kepercayaan rakyat Nigeria terhadap kemungkinan pelaksanaan pemilu yang kredibel di negara ini di masa mendatang. Dalam hal ini, ADP dengan tegas menuntut agar badan pemilihan harus menguji coba transfer suara elektronik dalam pemilihan gubernur Anambra menjelang 2023,” lanjut Sani.

Semua partai politik harus mematuhi mode langsung pemilihan pendahuluan selanjutnya. Pemilihan pendahuluan langsung adalah kemenangan bagi demokrasi, menambahkan bahwa semua anggota partai sekarang akan memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam pemilihan kandidat.

Sani juga mendesak pemerintah federal dan lembaga keamanan untuk menggunakan jajak pendapat Anambra 6 Novermber, untuk mengukur loyalitas keamanan negara menjelang 2023. Ia juga menugaskan pemerintah untuk memastikan pemilihan Anambra dilakukan sesuai jadwal dengan cara yang bebas, adil, dan kredibel.
rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA