Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Penyelidikan Rampung, Senat Brasil Bisa Dakwa Presiden Bolsonaro dengan 11 Kasus Pidana

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 17 Oktober 2021, 13:36 WIB
Penyelidikan Rampung, Senat Brasil Bisa Dakwa Presiden Bolsonaro dengan 11 Kasus Pidana
Presiden Brasil Jair Bolsonaro/Net
rmol news logo Presiden Brasil Jair Bolsonaro menghadapi 11 dakwaan pidana berdasarkan penyelidikan yang dilakukan oleh Senat terkait penanganan pandemi Covid-19.  

Senator Renan Calheiros yang memimpin penyelidikan terhadap Bolsonaro mengatakan pihaknya akan mengeluarkan laporan terkait kasus Bolsonaro pada Selasa depan (19/10).

Sehari setelahnya, anggota panel akan memberikan suara untuk menyetujui laporan itu sebelum dikirimkan ke kantor jaksa agung pada Kamis (21/10).

Meski begitu, dikutip Reuters pada Sabtu (16/10), sangat tidak mungkin bagi Bolsonaro untuk menghadapi pengadilan atas tuduhan tersebut.

Setelah itu, kantor jaksa agung dapat menuntut presiden, tetapi Mahkamah Agung, yang akan mengadilinya, harus meminta izin dari majelis rendah untuk melanjutkan.

Para ahli mengatakan majelis rendah sangat tidak mungkin untuk menandatangani permintaan seperti itu.

Laporan itu juga kemungkinan akan merekomendasikan bahwa beberapa putra Bolsonaro dan mantan Menteri Kesehatannya Eduardo Pazuello juga didakwa.

Calheiros tidak mengidentifikasi putra mana yang mungkin menghadapi dakwaan.

Penyelidikan terhadap Bolsonaro diluncurkan pada April. Bukti yang terkumpul menunjukkan Bolsonaro harus secara resmi didakwa atas genosida terhadap penduduk asli Brasil, penyimpangan, penyalahgunaan data publik yang tidak teratur, pelanggaran tindakan sanitasi, hasutan untuk kejahatan dan pemalsuan dokumen pribadi, dan kejahatan lainnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA