Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Iran dan Pakistan Berbicara di Telepon Jelang Pertemuan Negara-negara Tetangga Afghanistan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 19 Oktober 2021, 15:54 WIB
Iran dan Pakistan Berbicara di Telepon Jelang Pertemuan Negara-negara Tetangga Afghanistan
Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian/Net
rmol news logo Iran menyerukan negara-negara tetangga Afghanistan untuk berempati terhadap apa yang menimpa negara itu setelah Taliban menjatuhkan Kabul.

Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian memandang perlunya para tetangga menghadiri pertemuan untuk membahas situasi di Afghanistan segera demi stabilitas negara itu.

Dalam waktu dekat, Teheran akan menjadi tuan rumah pertemuan antar tetangga Afghanistan, plus Rusia, pada 27 Oktober mendatang.

Teheran Times pada Selasa (19/10) melaporkan, dalam percakapan teleponnya dengan Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mahmood Qureshi, Abdollahian berharap Pakistan bisa ikut berpartisipasi.

Ia juga menyinggung tanggung jawab penguasa Afghanistan untuk memastikan keamanan rakyat Afghanistan dan untuk secara efektif menghadapi tindakan kelompok teroris.

Qureshi menyambut baik dan berterima kasih atas undangan tersebut. Ia mendukung pernyataan Abdollahian bahwa  pertemuan itu merupakan inisiatif bersama untuk memastikan perdamaian dan stabilitas di Afghanistan dan penyelenggaraannya penting bagi rakyat Afghanistan.

Selain Iran dan Pakistan, pertemuan akan dihadiri oleh China, Tajikistan, Uzbekistan dan Turkmenistan, yang semuanya memiliki perbatasan darat dengan Afghanistan.

Sejak Taliban menguasai Kabul pada pertengahan Agustus, telah terjadi perdebatan di Iran tentang apakah kelompok itu telah mengubah caranya sejak berkuasa lebih dari 20 tahun yang lalu.

Tetapi posisi resmi Iran adalah menginginkan pemerintahan yang inklusif dan stabilitas di negara tetangga timurnya, sesuatu yang dianggap penting oleh Teheran untuk keamanan nasionalnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA