Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

WHO Janjikan Akses Vaksin, Tes dan Obat Covid-19 yang Adil untuk Negara-negara Miskin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 19 Oktober 2021, 17:44 WIB
WHO Janjikan Akses Vaksin, Tes dan Obat Covid-19 yang Adil untuk Negara-negara Miskin
Obat antivirus molnupiravir/Net
rmol news logo Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berupaya untuk memberikan akses yang adil ke vaksin, tes, dan perawatan Covid-19 bagi negara-negara miskin.

Sebuah draf dokumen dari program Access to Covid-19 Tools Accelerator (ACT-A) yang dilihat Reuters pada Selasa (19/10) menguraikan rencana hingga September tahun depan.

Disebutkan, ACT-A akan mengirim sekitar 1 miliar tes Covid-19 ke negara-negara miskin dan pengadaan obat-obatan untuk 120 juta pasien secara global.

Salah satu perawatan yang kemungkinan termasuk dalam program ini adalah antivirus molnupiravir buatan Merck & Co untuk mengobati pasien ringan hingga sedang.

Harga antivirus itu hanya boleh dibanderol harga 10 dolar AS per kursus.

Rencana tersebut menyoroti bagaimana WHO ingin menopang pasokan obat-obatan dan tes dengan harga yang relatif rendah setelah kalah dalam perlombaan vaksin ke negara-negara kaya yang meraup sebagian besar pasokan dunia, meninggalkan negara-negara termiskin di dunia dengan sedikit suntikan.

Seorang juru bicara ACT-A mengatakan dokumen tertanggal 13  Oktober itu masih dalam tahap konsultasi dan menolak mengomentari isinya sebelum difinalisasi.

Dokumen tersebut juga akan dikirimkan kepada para pemimpin global menjelang KTT G20 di Roma pada akhir bulan ini.

ACT-A meminta G20 dan donor lain untuk pendanaan tambahan sebesar 22,8 miliar dolar AS hingga September 2022. Para donor sejauh ini telah menjanjikan 18,5 miliar dolar AS untuk program tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA