Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Redam Krisis Perbatasan, Venezuela dan Kolombia Sepakat Rujuk

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 21 Oktober 2021, 10:32 WIB
Redam Krisis Perbatasan, Venezuela dan Kolombia Sepakat Rujuk
Presiden Venezuela Nicolas Maduro dan Presiden Kolombia Ivan Duque/Net
rmol news logo Parlemen Venezuela dan Kolombia telah sepakat untuk bekerja sama untuk memulihkan dan menormalkan hubungan antara kedua negara.

Begitu yang dikatakan oleh Ketua Majelis Nasional Venezuela Jorge Rodriguez, seperti dikutip Sputnik pada Kamis (21/10).

Ia mengatakan, Presiden Majelis Tinggi Kongres Kolombia Juan Diego Gomez Jimenez menanggapi secara positif usulan Venezuela untuk melakukan negosiasi.

"(Kami akan membahas) masalah-masalah berikut, pertama, normalisasi hubungan diplomatik, kedua, normalisasi hubungan perdagangan dan bisnis, termasuk perlindungan timbal balik perusahaan di negara masing-masing," kata jurubicara Rodriguez.

Kedua negara memutuskan hubungan diplomatik pada Februari 2019 di tengah krisis perbatasan terkait pasokan bantuan kemanusiaan ke Venezuela.

Ketika itu, Presiden Venezuela Hugo Chavez mengatakan ia tidak memiliki pilihan setelah Kolombia menuduh negaranya sebagai surga bagi gerilyawan.

Venezuela akhirnya memutuskan hubungan diplomatik dengan memerintahkan seluruh dipomat Kolombia meninggalkan negara itu.

Ketegangan juga berlangsung ketika Venezuela dipimpin oleh Presiden Nicolas Maduro. Baik Maduro maupun Presiden Kolombia Ivan Duque kerap bertukar tudingan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA