Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS dan Inggris Cs Kompak Kutuk Uji Coba Rudal Kapal Selam Korea Utara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 21 Oktober 2021, 11:43 WIB
AS dan Inggris Cs Kompak Kutuk Uji Coba Rudal Kapal Selam Korea Utara
Ilustrasi/Net
rmol news logo Amerika Serikat (AS), Inggris, dan Prancis kompak menyoroti peluncuran rudal balistik dari kapal selam atau SLBM tipe baru oleh Korea Utara.

Menjelang pertemuan darurat Dewan Keamanan PBB pada Rabu (20/10), ketiga negara tersebut mengutuk peluncuran SLBM Korea Utara sebagai provokasi baru.

Tanpa berbicara tentang kemungkinan sanksi baru atau tindakan bersama oleh dewan, mereka mengatakan akan menyerukan sanksi internasional yang ada untuk diterapkan secara lebih efektif.

Korea Utara sendiri telah membela uji coba yang dilakukannya, dengan menyebutnya perlu untuk pertahanannya sendiri. Pyongyang juga menyalahkan AS atas meningkatnya ketegangan di kawasan itu.

Alih-alih, jurubicara Kementerian Luar Negeri Korea Utara pada Kamis (21/10) menuduh AS "standar ganda" atas pengujian senjata.

"Ini adalah standar ganda yang jelas bahwa AS mencela kami karena mengembangkan dan menguji sistem senjata yang sama yang sudah atau sedang dikembangkannya, dan itu hanya menambah kecurigaan pada ketulusan mereka setelah mengatakan bahwa mereka tidak memiliki permusuhan terhadap kami," kata jurubicara kementerian luar negeri, seperti dikutip KCNA.

Pyongyang telah secara bertahap meningkatkan persenjataan militernya sejak pembicaraan tentang denuklirisasi gagal pada 2019.

Selain AS, Inggris, dan Prancis, ada beberapa negara lain yang turut mengecam Korea Utara.

“Kami dengan tegas mengutuk tindakan provokatif ini yang merupakan pelanggaran nyata terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB,” kata Dutabesar Irlandia, Geraldine Byrne Nason. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA