Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dubes Han Zhiqiang: China Janji, Mahasiswa Thailand Jadi yang Pertama Diijinkan Masuk Saat Pintu Dibuka

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 22 Oktober 2021, 13:45 WIB
Dubes Han Zhiqiang: China Janji, Mahasiswa Thailand Jadi yang Pertama Diijinkan Masuk Saat Pintu Dibuka
Ilustrasi/Net
rmol news logo Pemerintah China memastikan bahwa pelajar Thailand akan menjadi yang pertama diizinkan masuk kembali ke negara itu setelah negara tersebut membuka kembali perbatasannya.

Kepastian tersebut disampaikan duta besar China untuk Thailand Han Zhiqiang, saat wawancara bersama media online pada Rabu (20/10).

Seruan mahasiswa Thailand untuk melanjutkan studi mereka di China adalah salah satu topik yang diangkat selama wawancara. Sementara hingga saat ini Beijing belum mengizinkan mahasiswa asing untuk melanjutkan studi mereka di China setelah menutup perbatasan ketika pandemi virus corona pecah pada Maret tahun lalu.

Ditanya apakah mungkin untuk memperkenalkan sistem karantina untuk siswa Thailand, Han mengatakan pihak berwenang China sedang menangani masalah ini.

"Jika pemerintah China siap mengizinkan ratusan ribu mahasiswa internasional untuk kembali, mahasiswa Thailand akan menjadi yang pertama," kata Han, seperti dikutip dari Bangkok Post, Jumat (22/10).

Dalam wawancara tersebut Han juga menjelaskan situasi terkini di China, di mana negara itu saat ini telah menyaksikan kebangkitan infeksi yang terkait dengan kasus impor.

Duta Besar mengatakan lebih banyak tindakan pencegahan diterapkan ke universitas karena risiko penularan terkait dengan mereka memiliki kerumunan besar.

Dia berharap para siswa dapat memahami kebutuhan China untuk memberlakukan pembatasan perjalanan untuk melindungi negara dari lebih banyak wabah.

Lebih dari 30.000 mahasiswa Thailand terdaftar dalam program studi di China, menjadikan mereka kelompok mahasiswa asing terbesar kedua di sana, setelah Korea Selatan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA