Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dibayangi Tekanan China, Menlu Taiwan Bakal Kunjungi Dua Negara Eropa Pekan Depan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 23 Oktober 2021, 12:35 WIB
Dibayangi Tekanan China, Menlu Taiwan Bakal Kunjungi Dua Negara Eropa Pekan Depan
Menteri Luar Negeri Joseph Wu/Net
rmol news logo Untuk meningkatkan hubungan dengan negara-negara Eropa tengah, Taiwan akan mengutus Menteri Luar Negeri Joseph Wu melakukan kunjungan ke Slovakia dan Republik Ceko pada pekan depan.

Juru bicara kementerian Joanne Ou mengatakan, selama di Slovakia Wu akan memberikan pidato utama di sebuah konferensi tentang 'Ketahanan di dunia pasca-pandemi' yang diselenggarakan oleh lembaga pemikir GLOBSEC yang berbasis di Bratislava pada Selasa pekan depan.

Setelah itu, Wu akan melakukan perjalanan ke Praha, di mana ia akan menerima medali dari Presiden Senat Ceko Milos Vystrcil untuk menghormati menteri sebagai tamu istimewa negara itu, dan bertemu dengan Walikota Praha Zdenek Hrib.

"Wu juga akan berbicara di seminar yang diselenggarakan bersama oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Ceko dan sinopsis think tank yang berbasis di Praha," kata Ou, seperti sikutip dari Taipei Times, Jumat (22/10).

"Meskipun Wu tidak akan menghadiri konferensi yang diselenggarakan oleh Aliansi Antar-Parlemen tentang China di Roma pada hari Jumat minggu depan, karena jadwal yang ketat dan aturan pencegahan Covid-19 masing-masing negara, ia akan berbicara di konferensi tersebut secara virtual," kata jubir.

Wu melakukan kunjungan ke dua negara Eropa yang justru tidak memiliki hubungan diplomatik resmi. Hal yang jarang dilakukan oleh seorang menteri luar negeri negara itu, mengingat negara-negara tersebut biasanya menghadapi tekanan kuat dari Beijing untuk mencegah perjalanan semacam itu.

Kementerian tidak mengatakan kapan pastinya Wu pergi atau kapan dia akan kembali. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA