Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Baru Usir Dubes AS, Turki Sudah Siap-siap Beli Jet Tempur F-16

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 24 Oktober 2021, 10:52 WIB
Baru Usir Dubes AS, Turki Sudah Siap-siap Beli Jet Tempur F-16
Jet tempur F-16/Net
rmol news logo Turki semakin serius dengan rencananya untuk membeli jet tempur F-16 buatan Lockheed Martin dari Amerika Serikat (AS).

Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar pada Sabtu (23/10) mengungkap pihaknya telah membuat prosedur untuk membeli F-16.

"Pekerjaan teknis dimulai pada pasokan F-16. Kami memantau proses ini. Penguatan Turki juga berarti memperkuat pertahanan NATO," kata Akar, seperti dikutip Sputnik.

Bulan lalu, Preside Recep Tayyip Erdogan mengatakan Washington telah menawarkan untuk menjual jet tempur F-16 ke Ankara sebagai imbalan atas investasinya dalam program F-35, di mana Turki telah dihapus.

Rencana itu muncul di tengah masih tegangnya hubungan Turki dan AS setelah Ankara membeli sistem pertahanan udara S-400 dari Rusia.

AS membatalkan penjualan jet F-35 ke Turki pada 2019 atas klaim bahwa mereka dapat membocorkan rahasia militer ke Rusia.

Pada April, Washington dilaporkan mengirim pemberitahuan resmi ke Turki tentang pengecualiannya dari program produksi jet tempur F-35 terbaru. Turki, bagaimanapun, terus membuat suku cadang untuk F-35.

Di sisi lain, baru-baru ini Erdogan memicu ketegangan baru dengan mengusir 10 dutabesar asing, termasuk dari AS dan negara-negara Barat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA