Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Zalmay Khalilzad: Pemimpin Al Qaeda Kemunginan Masih Berada di Afghanistan atau Tetangganya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 25 Oktober 2021, 10:26 WIB
Zalmay Khalilzad: Pemimpin Al Qaeda Kemunginan Masih Berada di Afghanistan atau Tetangganya
Pemimpin Al Qaeda Ayman Al Zawahiri/Net
rmol news logo Pemimpin kelompok teroris Al Qaeda, Ayman Al Zawahiri kemungkinan masih berada di Afghanistan atau negara tetangganya.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menurut pengungkapan mantan utusan khusus Amerika Serikat (AS) untuk Afghanistan Zalmay Khalilzad, Washington memang telah mencapai sebagian besar tujuan kontraterorisme di Afghanistan.

"(Tetapi) laporan yang saya lihat menunjukkan (Al Zawahiri) bisa berada di Afghanistan atau wilayah yang berdekatan," ujar Khalilzad dalam sebuah wawancara dengan CBS.

Meski begitu, Khalilzad meragukan jika Taliban mengetahui keberadaan Al Zawahiri.

"Saya tidak tahu apakah Taliban mengetahuinya. Taliban yang saya tangani, mereka mengatakan kepada saya bahwa mereka tidak tahu di mana dia berada," terangnya.

Meskipun masih ada tantangan dan kegagalan di masa lalu, Khalilzad percaya bahwa misi kontraterorisme AS di Afghanistan berhasil karena ancaman teroris dari negara itu tidak seperti dulu lagi dan Al Qaeda telah hancur.

Di sisi lain, Khalilzad mengakui, keberadaan AS di Afghanistan selama 20 tahun tidak berhasil menciptakan demokrasi.

"Mengenai masalah membangun Afghanistan yang demokratis, saya pikir itu tidak berhasil. Perjuangan terus berlanjut. Taliban adalah realitas Afghanistan. Kami tidak mengalahkan mereka," ucapnya.

Pada 18 Oktober, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengumumkan bahwa Khalilzad mengundurkan diri sebagai utusan khusus Afghanistan.

Khalilzad mengatakan bahwa dia membuat keputusan untuk mengundurkan diri pada saat Washington memulai fase baru kebijakan terhadap Kabul setelah penarikan dari Afghanistan pada Agustus. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA