Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gabung AS, Australia Siap Gempur China jika Beijing Berani Serang Taiwan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 26 Oktober 2021, 10:37 WIB
Gabung AS, Australia Siap Gempur China jika Beijing Berani Serang Taiwan
Menteri Pertahanan Australia Peter Dutton/Net
rmol news logo Langkah Presiden AS Joe Biden yang mengatakan bahwa negaranya siap pasang badan jika China menyerang Taiwan secara militer diikuti sekutunya Australia.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pernyataan itu disampaikan Menteri Pertahanan Australia Peter Dutton dalam sebuah wawancara dengan Sky News pada Senin (25/10).

“China sudah sangat jelas tentang niat mereka berkaitan dengan Taiwan. Sama halnya, Amerika Serikat telah jelas tentang niat mereka terhadap Taiwan,” kata Dutton.

“Tidak ada yang ingin melihat konflik, tetapi itu benar-benar pertanyaan bagi orang China,” katanya.

Ketika ditanya tentang apakah Australia kemungkinan akan terlibat dalam konflik bersenjata dengan China, Dutton berbicara tentang 70 tahun sejarah kerjasama militer Australia dengan AS.

"Jika Taiwan diserang, Australia akan melihat apa tanggapan Amerika,” kata Dutton, menambahkan bahwa “kami jelas memiliki aliansi dengan Amerika Serikat.”

Dutton mengatakan bahwa dirinya telah memfokuskan perhatiannya pada China selama enam tahun terakhir sejak dirinya bergabung dengan Komite Keamanan Nasional Australia.

"Tindakan China telah menjadi perhatian dan Australia ingin tetangganya bebas dari paksaan, campur tangan atau intimidasi," katanya.

"Mengingat populasi Australia yang relatif kecil sekitar 25 juta, penting baginya untuk memiliki teman baik, yang dimilikinya dengan negara-negara seperti AS, Inggris, Kanada, dan Selandia Baru," kata Dutton. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA