Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengunduran Diri Diterima, Merkel Lanjutkan Tugas Sampai Pembentukkan Kabinet Baru

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 27 Oktober 2021, 06:22 WIB
Pengunduran Diri Diterima, Merkel Lanjutkan Tugas Sampai Pembentukkan Kabinet Baru
Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier saat serah terima surat pengunduran diri, Selasa 26 Oktober 2021/Net
rmol news logo Selasa sore (26/10) menjadi hari yang paling mengharukan bagi Angela Merkel. Ia menerima surat pemberhentian resminya sebagai kanselir Jerman dari Presiden Frank-Walter Steinmeier.

Steinmeier menyalaminya sambil mengungkapkan terima kasih dan apresiasinya terhadap kinerja Merkel selama 16 tahun menjabat. Merkel telah memimpin negara melalui masa-masa sulit, terutama selama masa jabatan empat tahun terakhir.

Ia mengatakan, banyak yang terjadi selama empat tahun terakhir yang ditandai dengan ketegangan internasional. Periode legislatif yang melewati masa-masa sulit, Brexit yang rumit, kemudian munculnya pandemi yang membuat dunia terbalik.

"Butuh upaya besar dari Anda, dari seluruh negeri," kata Steinmeier, seperti dikutip dari AP, Selasa.

Kabinet Merkel telah mengadopsi sekitar 600 undang-undang. Menunjukkan pencapaian kinerja yang layak dibanggakan.

Beberapa jam sebelumnya penyerahan surat selesai masa tugas, Merkel menghadiri sesi pembukaan parlemen baru. Ia duduk di galeri VIP saat anggota parlemen yang baru terpilih bertemu untuk pertama kalinya.

Merkel, yang pertama kali memenangkan kursi di Bundestag 31 tahun lalu, tidak mencalonkan diri lagi dalam pemilihan 26 September.

Anggota parlemen memilih Baerbal Bas, seorang anggota Partai Sosial Demokrat kiri-tengah, sebagai ketua majelis rendah yang beranggotakan 736 orang. Dia menggantikan Wolfgang Schaeuble, seorang konservatif dan mantan menteri keuangan dan dalam negeri berusia 79 tahun, yang juga merupakan anggota terlama dari parlemen terakhir, yang pertama kali terpilih pada tahun 1972.

Meski telah menerima surat berakhirnya masa tugas, Merkel tetap akan bertugas dan bertindak sebagai pemerintahan sementara sampai kabinet baru terbentuk. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA